Berita Nasional Terpercaya

Danau Toba, The Next Monaco Asia

0

HarianBernas.com ? Danau Toba adalah salah satu tujuan utama para wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumatera Utara. Jika ada wisatawan yang datang ke Sumatera Utara tetapi belum melihat Danau Toba itu sama saja belum datang ke Sumatera Utara.

Danau ini adalah danau terluas di Indonesia yang memiliki panorama alam yang sangat cantik dan memukau. Setiap hari, Danau Toba selalu dipenuhi oleh wisatawan yang datang ke sana. Kelebihan dari Danau ini adalah danau ini memiliki pulau di tengah danau tersebut dan diberi nama pulau Samosir.

Danau Toba termasuk ke dalam bekas danau vulkanik yang luasnya 100 x 30 km. Dahulunya, Danau Toba adalah sebuah gunung merapi. Menurut perkiraan, Danau Toba terbentuk dari ledakan dahsyat (super volcano) pada 75.000 tahun yang lalu. Saking dahsyatnya, gunung berapi ini meledakkan dirinya hingga terbentuk kawah yang sangat besar dan lama-lama membentuk sebuah danau yang luas. Kemudian oleh masyarakat dinamai danau Toba.

Karena pesona Danau Toba yang sangat indah dan menawan, di masa pemerintahan Orde Baru, Danau Toba menjadi obyek wisata andalan Indonesia di Pulau Sumatera. Hal inilah yang menyebabkan, dibangunlah berbagai fasilitas lengkap yang menunjang pariwisata di Danau Toba.

Wisatawan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap seperti berbagai pilihan penginapan dari yang losmen hingga hotel berbintang, restoran-restoran yang menyajikan berbagai masakan. Begitu juga Pulau Samosir yang menjadi nilai tambah dari Danau Toba, di pulau ini Anda akan dimanjakan dengan wisata belanja souvenir khas Batak, tepatnya di Tomok sebuah sentra penjualan souvenir letaknya di pinggir danau yang ada di pulau Samosir.

Jarak dari Medan ke Danau Toba cukup jauh dan melelahkan. Kalau ingin mengutamakan kenyamanan sepanjang perjalanan, Anda dapat menyewa mobil. Bagi Anda yang ingin menghemat biaya transportasi sebaiknya memilih transportasi umum, Anda bisa mencoba ke terminal bus Pinang Baris Medan.

Dari terminal ini banyak pilihan bus dengan jurusan Danau Toba. Kalau Anda ingin memilih untuk menginap di Medan dulu sebelum ke Danau Toba, biasanya pihak hotel juga bisa membantu mengatur transportasi ke Danau Toba.

Terlebih lagi Pemerintah Pusat, telah menetapkan sembilan langkah untuk mempercepat pengembangan kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, sebagai salah satu tujuan wisata utama Indonesia dan bahkan menjadi Monaco Asia. Sembilan langkah strategis itu adalah mempercepat pengembangan akses udara dengan memperpanjang landasan pacu dan layanan Bandar Udara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Toba Samosir (Tobasa).

Lalu pembangunan sarana pendukung penginapan di kawasan Danau Toba, pembangunan jalan tol dari Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) menuju Parapat, pengerukan dan pendalaman danau di kawasan Tano Ponggo, pembersihan kawasan Danau Toba. Ada juga penyediaan wilayah Toba seluas 500 hektare untuk “eco tourism” serta pembuatan Peraturan Presiden (Perpres) Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba dan menggencarkan promosi lengkap dengan sejarah terbentuknya Danau Toba.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak pergi ke Danau Toba, terlebih lagi dukungan penuh dari pemerintah dalam menata kembali obyek-obyek wisata Indonesia telah membuka mata masyarakat Indonesia bahwa tidak selamanya berjalan-jalan di luar negeri itu lebih menarik dibandingkan di Indonesia sendiri. Jadi mulai dari sekarang, yuk budayakan jalan-jalan di negeri tercinta Indonesia terlebih dahulu baru main ke luar negeri. Happy Travelling!

Leave A Reply

Your email address will not be published.