Berita Nasional Terpercaya

Cara Jitu Menanam Kailan

0

HarianBernas.com ? Untuk menanam kailan, kita harus mengetahui teknik dasar budidaya yang harus kita lakukan. Kita memulai dari pembibitan, penanaman hingga apa persiapan yang harus dilakukan pada saat panen.

Faktor pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan ukuran petak tanah yang tepat. Siapkan satu bedengan degan lebar 120 cm dengan ukuran panjang sama dengan petak tanah yang tersedia. Umumnya tanaman ini sangat cepat bertumbuh bila ditanam di suhu yang lembab seperti pada saat musim hujan.

Inilah beberapa langkah menanam kalian yang dapat dipraktekkan. Satu minggu sebelum penanaman mulai berjalan, pastikanlah celah tanam sudah disiapkan. Celah tanam ini digunakan sebagai tempat tanam kalian kita.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanah yang akan ditanami oleh bibit. Cara menanam dengan memakai bedengan yang telah diberi pupuk lebih dahulu akan memimiliki hasil tanaman kalian yang jauh lebih baik. Pupuk yang dipakai sebaiknya adalah pupuk kandang.

Jarak tanam dalam bedengan juga harus kita perhatikan. Pastikan tanam dalam bedengan yang mempunyai jarak 40 x 40 cm, 30 x 30 cm alias 20 x 20 cm.

Memilih bibit yang baik juga harus dilakukan. Nantinya bibit yang baik itu akan dipindah dan ditanam di bedengan yang telah kita siapkan tadi.  

Langkah selanjutnya adalah proses pemeliharaan yang lumayan sederhana. Ketika musim kemarau, frekuensi penyiraman dapat diperbanyak. Apabila menanam tanaman ini pada saat musim hujan, penyiraman dapat dikurangi pada saat musim hujan sehingga tanaman ini tidak kelebihan air.  

Faktor lain yang dapat dilakukan sehingga Kailan dapat tumbuh dengan sukses adalah memperbuat penjarangan. Lakukan aktivitas ini seusai penanaman. Penjarangan wajib dilakukan dan berfungsi dalam mencabuti tanaman yang tumbuhnya terlalu rapat.

Jangan pernah lupa untuk untuk langsung mengganti tanaman yang mati lasngsung dengan menggantinya dengan bibit yang baru. Hal ini harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hama. Sehingga tanaman yang sakit tidak menularkan penyakitnya ke tanaman yang sehat lainnya.  

Pencabutan tanaman ini dapat dilakukan untuk menganalisa tanaman kalian setiap harinya. Dengan cara-cara ini, Kailan yang Anda tanam akan panen dengan baik dan menghasilkan tanaman dengan kualitas yang mumpuni.

Selamat menanam para gardener.

Leave A Reply

Your email address will not be published.