Berita Nasional Terpercaya

Asyiknya Berkebun dengan Cara Hidroponik

0

HarianBernas.com ? Hidroponik merupakan suatu istilah yang digunakan untuk bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuhnya. Tanaman ini di tanam dalam pot atau wadah lainnya dengan menggunakan air dan atau bahan-bahan berporus lainnya, seperti kerikil, pecahan genting, pasir, pecahan batu ambang, dan masih banyak lagi sebagai media tanamnya.

Untuk mendapatkan zat makanan atau unsur-unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik mendapatkan unsur hara dengan menggunakan air yang telah dilarutkan dengan campuran pupuk organik. Campuran pupuk ini diperoleh dari hasil ramuan garam-garam mineral dengan formulasi yang telah ditetapkan atau menggunakan pupuk buatan yang sudah siap pakai.

Bercocok tanam secara hidroponik akan memberikan keuntungan, seperti tanaman terjamin kebebasannya dari hama dan penyakit. Produksi tanaman akan lebih tinggi, tanaman akan tumbuh lebih cepat dan pemakaian pupuk menjadi lebih efisien, tanaman akan memberikan hasil yang kontinyu, lebih mudah untuk dikerjakan tanpa membutuhkan tenaga kasar, tanaman dapat tumbuh di tempat yang semestinya tidak cocok, tidak ada resiko karena ketergantungan terhadap kondisi alam setempat, dan dapat dilakukan pada tempat-tempat yang luasnya terbatas.

Dilansir dari tips berkebun, alat dan bahan yang disediakan ketika akan menanam tanaman dengan cara hidroponik seperti,

  1. Baki persemaian
  2. Jerigen
  3. Wadah atau pot plastik
  4. hand sprayer
  5. Kompor dan penangas air
  6. Timbangan OHAUS
  7. Pipa paralon berdiamter ½ inc. 20 cm
  8. Ember
  9. Jenis tanaman yang akan ditanam
  10. Bahan porus (pasir, kerikil, pecahan batu bata atau bahan porus lainnya).

Sedangkan untuk memperoleh tanaman dengan cara persemaian atau pembibitan adalah dengan cara:

  1. Sterilkan pasir yang telah disaring atau diayak dengan cara mecuci dengan air bersih secara berulang-ulang dan rendamlah ke dalam air mendidih selama lebih kurang satu jam.
  2. Cucilah baki persemaian lalu isilah dengan pasir yang telah disterilkan tadi, kira-kira isi pasir setinggi 3-4 cm. Sebelumnya baki persemaian terlebih dahulu diberi lubang pada alasnya.
  3. Siramlah baki persemaian dengan air bersih dan biarkan beberapa menit sampai kelebihan airnya terbuang.
  4. Taburkan biji tanaman yang akan ditanam di atas pasir yang terdapat pada baki persemaian. Usahakan agar letak biji satu dan lainnya tidak terlalu rapat.
  5. Jagalah jangan sampai pasir tempat persemaian mengalami kekeringan. Gunakan hand sprayer yang telah diisi air biasa untuk menjaga kelembaban pasir dan bila perlu tutuplah baki persemaian dengan kaca.
  6. Kemudian pindahkan bibit tanaman yang diperoleh ke dalam tempat permanen atau persemaian kedua, setelah bibit tanaman memiliki 2 sampai 4 buah daun. Jika akan langsung ditanam di tempat penanaman hidroponik, bersihkan pasir-pasir yang masih menempel pada akar tanaman, setelah bersih baru ditanam di media hidroponik.

Memperoleh tanaman dari bibit yang telah tersedia

  1. Pasanglah lembaran surat kabar bekas di atas meja atau tempat bekerja yang anda gunakan.
  2. Ambillah pot yang telah berisi tanaman dan tempatkan sebelah tanag anda di atas permukaan tanah dalam pot. Letakan tanaman dengan kukuh di antara jari-jari (diantara telunjuk dan jari tengah).
  3. Peganglah dasar pot dengan tangan yang masih bebas kemudian balikkan pot tersebut dan dengan hati-hati tarik keluar tanaman beserta akar-akarnya
  4. Bila tanaman tidak mau lepas, benturkan pot tersebut dengan hati-hati secara berulang-ulang pada suatu permukaan yang keras, bila tetap tidak mau terlepas gunakan pisau tumpul untuk mengorek permukaan dalam bagian atas dari pot tersebut.
  5. Apabila telah berhasil peganglah batang tanaman (masih dalam posisi dijepit dua jari yang tidak terlalu kuat) dengan sebelah tangan dan gunakan tangan anda yang masih bebas untuk menghilangkan semua gumpalan tanah yang masih melekat pada akar tanaman. Lakukanlah langkah ini dengan hati-hati.
Leave A Reply

Your email address will not be published.