Berita Nasional Terpercaya

Langkah Mudah Merawat Kelinci

0

HarianBernas.com – Kelinci yang menggemaskan ternyata bisa jadi hewan yang penurut apabila ia dipelihara dengan baik. Kelinci akan menjadi hewan yang jinak, lembut, dan dapat menuruti keinginan pemeliharanya. Pemelihara yang baik dapat memenuhi kebutuhan sang kelinci. Ingin tahu apa saja kebutuhan kelinci kesayangan kiita ini? Inilah beberapa hal yang perlu kalian ketahui.

1. Kandang yang nyaman

Hal yang pertama kali dibutuhkan kelinci adalah kandang. Ada beberapa syarat agar kandang menjadi nyaman dan baik untuk kelinci kesayangan.
Kandang yang nyaman haruslah kandang yang dekat dengan sumber air, berada di lokasi sejuk temperatur sekitar 15 s/d 20 derajat Celcius, mempunyai angka kelembapan 60% s/d 90%, serta jauh dari berbagai gangguan dan predator seperti ular, anjing atau kucing.
Kadang haruslah mendapatkan cukup sinar matahari pagi. Sehingga sebaiknya kandang menghadap ke arah timur, agar matahari pagi bisa dinikmati oleh kelinci. Selain itu panasnya sinar matahari mempunyai fungsi untuk membuat kandang menjadi tetap kering dan membunuh kuman penyakit yang ada di dalam kandang.
Kandang harus mempunyai ventilasi udara yang baik untuk sirkulasi udara dari luar dan dalam kandang.
Posisi kandang juga harus lebih tinggi daripada daerah sekitarnya agar tidak tergenang air. Lantai yang tergenang air dan becek, bisa menjadi sarang parasit.
Jarak kandang dengan rumah, minimal 10 meter. Hal ini dilakukan agar bau dari kotoran dan urine kelinci tidak menganggu kesehatan Anda.

Jika dipelihara karena hobI dan bukan untuk peternakan, maka kandang dapat ditempatkan di lahan kosong yang ada di sekitar rumah dengan syarat: sanitasi terjaga bersih, lokasi kandang aman, tidak bersuara gaduh, tenang, dan nyaman.

2. Menggendong yang benar

Kita pasti kerap memeluk dan menggendong kelinci kesayangan kita kapanpun diinginkan. Kelinci juga merasa senang dan nyaman jika kita paham menggendong dengan benar.

Untuk mengangkat kelinci yang besar dari dalam kandanganya, peganglah kulit tengkuk atau punggungnya dengan salah satu tangan Anda. Satu tangan yang lain untuk menggangkat pinggulnya.

Jika kelinci masih kecil maka peganglah bagian kulit bauhunya dengan lembut.

Jika kelinci mulai meronta maka berhati-hatilah. Jauhi tubuh Anda dari cakaran kaki belakangnya. Jangan pernah mengangkat dengan cara menggenggam dua telinganya karena telinga kelinci akan sakit bahkan bisa menjadi cacat.

3. Rutin Memandikan Kelinci

Supaya penampilan kelinci menjadi cantik dan bersih, maka mandikanlah kelinci secara rutin. Kelinci sebenarnya tidak tahan air. Jadi sebaiknya mandikan kelinci kita dengan air hangat sebulan dua kali.

Siramkanlah perlahan menggunakan selang atau gayung. Sambil disiram, usaplah secara lembut badan kelinci sehingga air dapat meresap hingga kulit badannya.

Gunakanlah shampo bayi untuk menyabuninya. Pijat perlahan tubuh kelinci, kemudian bilas hingga bersih. Keringkanlah tubuh kelinci dengan handuk yang lembut, lalu keringkan bulu dan tubuhnya yang basah dengan hair dyer.

Jika takut untuk memandikan sendiri maka bawalah ke pet shop yang melayani pemandian kelinci.

4. Rutin Menyisir Bulu Kelinci

Bulu kelinci sangat lembut sehingga rutinlah untuk menyisir bulu kelinci agar dapat mempercantik penampilan kelinci. Menyisir bulu adalah hal yang paling mudah. Lakukanlah sebanyak 2 sampai 3 ali seminggu agar bulu tidak kumal dan lengket. Pakailah sisir khusus untuk bulu kelinci yang ada di pet shop.

5. Beri Porsi Makan Lebih di Malam Hari

Kelinci adalah binatang malam yang lebih aktif di malam hari daripada siang hari. Jadi berikanlah porsi sebanyak mungkin di malam hari. Pagi dan siang sebaiknya kelinci diberikan konsentrat, biji-bijian seperti jagung, kedelai, kacang tanah atau kacang hijau dan umbi-umbian yang telah dilembutkan. Untuk sore dan malam hari berikan makanan dari jerami dan daun-daun hijau yang segar. Jika kita memberikan jadwal yang teratur untuk memberikan makan setiap hari makan dapat menjamin kesehatan kelinci Anda. 

Dengan berbagai langkah-langkah ini kita bisa menjaga dan merawat kelinci kesayangan kita supaya tetap nyaman dan bahagia.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.