Berita Nasional Terpercaya

Cara Tepat Menanam Tomat Cherry

0

HarianBernas.com ? Tomat merupakan buah yang menjadi favorit untuk ditanam di pekarangan rumah. Selain mudah ditanam dan berbuah sepanjang tahun. Cara menanam tanaman tomat yang satu ini terbilang cukup mudah. 

Jika tidak mempunyai pekarangan atau halaman rumah maka kita bisa menanam tomat di dalam pot. Satu diantara berbagai jenis tomat ialah tomat cherry. Tidak hanya bentuknya yang imut, tomat cherry juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai masakan.  

Manfaat dan fungsi tomat bukan hanya untuk bumbu dapur atau pelezat makanan. Tomat juga baik untuk dibuat jus yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, tomat juga memiliki manfaat sebagai masker tomat yang dapat membuat wajah menjadi semakin cantik.

Kandungan likopin pada tomat dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan kulit karena terkena pancaran ultraviolet dari sinar matahari. Selain itu, tomat juga mempunyai kandungan vitamin C yang lumayan banyak sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Vitamin C tersebut  juga dapat membantu meremajakan kulit Anda.

Dalam menanam tomat antara satu jenis tomat dengan lainnya tidak dibedakan. Inilah beberapa langkah menanam tomat cherry di dalam pot:

1. Berikanlah pot tanaman tomat cherry di lokasi yang dapat terkena cahaya matahari, tetapi tetap terlindung dari angin yang kencang.  Angin kencang dapat merontokkan daun, menghancurkan bunga, dan merontokkan buah. Jika rumah Anda berada di daerah dengan suhu 21-26 derajat celcius maka menanam tomat cherry merupakan pilihan yang tepat.

2. Beri kandang di sekitar tanaman yang masih muda. Salah satu bahan untuk membuat kandang adalah terbuat dari kawat dan harus mempunyai ruang yang cukup antar kawat. Selain itu, kandang juga dapat untuk menghindarkan predator dari tanaman tomat cherry seperti siput. 

3. Siram tanaman tomat cherry ketika tanah mulai mengering. Tuangkan air di atas tanah sehingga dapat mengalir keluar dari bagian bawah pot, bukan tanaman yang kita sirami melainkan tanah yang mendapat asupan air. 

4. Beri pupuk yang dapat larut ke dalam air sesegera mungkin ketika tanaman ditempatkan di dalam pot. Campur sekitar 2 sendok makan pupuk 5-10-5 ke dalam tiga liter air.

5. Tuangkan campuran pupuk di tanah yang berada di sekitar tanaman. Beri pupuk lagi ketika tomat pertama kali muncul, lalu dalam 2 minggu setelah tomat pertama kali datang dan kemudian satu bukan setelahnya.

6. Panenlah tomat cherry ketika sudah matang dan kulit tomnat masih terasa kencang. Maka tomat cherry siap untuk disantap.

Demikianlah langkah dalam menanam tomat cherry. Sebaiknya menanam tomat di rumah Anda, karena tomat memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh anda. Berbagai kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam tomat sangatlah  berkhasiat. Selamat menanam tomat di rumah Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.