Berita Nasional Terpercaya

3 Perbedaaan Antara Kursus Musik dan Sekolah Musik

0

Harianbernas.com ? Seiring perkembangan industri musik dan perubahan trend yang semakin cepat, makin bermacam-macam alat musik baru dan makin banyaknya anak muda yang sudah mempunyai cita-cita yang kuat untuk menjadi musisi. Hal inilah yang membuat semakin menjamurnya kursus musik dan sekolah musik di berbagai daerah.

Musik memang telah menjadi bagian hidup dari manusia yang tidak dapat dipisahkan. Dalam sehari pasti kita akan mendengarkan alunan musik darimanapun. Mulai dari bunyi alarm yang bernada, televisi, radio hingga handphone kita yang berbunyi. Sehingga tidak mungkin dunia menjadi lebih meriah jika tidak ada musik.

Tetapi sekarang kita banyak melihat istilah sekolah musik dan kursus musik. Seringkali kita melihat dan menemukan spanduk atau baliho di suatu tempat yang memberi status mereka adalah sekolah musik, tetapi kenyataan kapasitas mereka adalah kursus musik. Inilah yang membuat kita menjadi bingung. Nah inilah beberapa perbedaan antara sekolah musik dan kursus musik:

1. Sekolah musik memberikan pelajaran teori dan praktek

Sekolah musik memberikan pelajaran teori dan praktek sedangkan kursus musik tidak memberikan teori hanya praktek saja. Jika di dalam kursus menjelaskan sebuah teori musik itu hanya dibahas sekedar saja. Kursus musik lebih memberikan hal yang bersifat praktek dan tanpa menggunakan buku.

Sedangkan untuk sekolah musik, sudah pasti akan memberikan pelajaran teori dan terdapat buku serta kurikulum khusus. Pelajaran teori diberikan agar murid mengerti tentang cara membaca not dengan baik.

2. Sekolah musik mengajarkan siswanya untuk membuat musik atau bermain dengan indah

Asalkan bisa bermain musik daripada tidak bisa bermain musik adalah prinsip dasar bagi kursus musik. Hal ini hampir mustahil terjadi di sekolah musik. Sekolah musik yang baik tidak akan memberikan siswanya lulus sekolah jika Ia memainkan musik tanpa perasaan dan memainkannya asal-asalan.

Membuat musik yang indah adalah tujuan utama dari sekolah musik kepada murid-muridnya. Dalam sekolah musik, siswa harus mampu memainkan lagu sesuai dengan kemauan composer, jika hendak bermain lembut maka mainkanlah musik tersebut dengan lembut dan penuh perasaan. Sedangkan bila keras itu artinya dimainkan dengan penuh semangat.

3. Sekolah musik menyediakan ujian berjenjang sedangkan kursus musik tidak

Sekolah musik sudah pasti mempunyai ujian. Pada tiap ujian selalu ada bahan yang harus dipelajari atau apa yang diujikan.

Sedangkan kursus musik mempunyai tahap pembelajaran hanya sampai siswa kursusnya bisa. Lebih sekedar bisa bermain musik tetapi bukan hampir di dalamnya. Jika memang ujian ini lebih menekankan bahwa kelas kursus musik tersebut hampir usai.

Sekarang Anda sudah dapat memahami perbedaan sekolah musik dan kursus musik. Jika hanya sekedar bia bermain dengan belajar di kursus musik sudah sangat cukup. Tetapi jika Anda ingin ekspert di bidang musik, maka sekolah musik dapat menjadi jawabannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.