Berita Nasional Terpercaya

Belajar Musik di Usia Lanjut? Kenapa Tidak?

0

HarianBernas.com ? Belajar musik di usia lanjut merupakan sebuah tantangan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan ada beberapa syaraf motorik yang sudah tidak atau kurang responsif, kemauan belajar yang sudah menurun dan tidak mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama.

Tetapi ingat, ada pepatah yang mengatakan untuk belajar terus sampai hembusan nafas terakhir. Itu tandanya tidak ada salahnya untuk belajar ketika usia sudah senja atau lanjut.

Terlebih lagi dengan Kakek dan nenek yang mempelajari musik di usia lanjut, kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang didapatkan. Diantaranya pikiran menjadi rileks, hati menjadi tenang dan masih banyak lagi.

Bagi para nenek dan kakek yang memainkan instrument musik seperti piano, umumnya mereka harus rajin berlatih agar otot-otot jari menjadi lentur dan syaraf pun rileks.

Buku pembelajaran di sekolah musik pun berbeda antara buku belajar musik pemula untuk anak-anak dan buku musik pemula untuk orang dewasa. Dari sinilah para kakek dan nenek tidak bosan dan dapat mengerti dengan mudah not balok yang diajarkan.

Siswa yang bersekolah di sekolah musik pada umumnya untuk meraih cita-cita menjadi pemain musik professional yang meraih berbagai sertifikat atau ijazah. Namun itu akan menjadi hal yang berbeda ketika siswanya adalah para lanjut usia,  para kakek dan nenek ini mempunyai tujuan untuk mengejar passion ketika belajar musik ataupun menghilangkan rasa bosan atau penat.  

Ada juga yang mengatakan bahwa belajar musik dapat menghindari seseorang menjadi pikun atau cepat lupa. Dengan belajar bermain musik, otak kita berusaha untuk menyelaraskan atau menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Sehingga dengan otak yang terus bekerja dengan ?happy? tentu saja akan menghindari penyakit pikun.

Selain itu, bermain musik juga menjadi sarana untuk mengolah sensitivas atau ketangkasan. Menyelaraskan antara not balok dan alat musik bukanlah hal yang mudah bagi para lanjut usia. Dibutuhkan latihan yang rutin sehingga antara gerak tangan dan mata dapat sesuai. Dibutuhkan koordinasi yang baik antara keduanya, dari belajar musik inilah para kakek dan nenek dapat belajar ?ketangkasan?

Belajar musik bagi para usia lanjut juga merupakan sarana ataupun alat untuk bermeditasi. Musik dapat memberikan perasaan dan pikiran yang nyaman. Di dalam keadaan ini musik membuat pikiran dalam keadaan ?alpha”, keadaan di mana alam pikiran menjadi rileks dan tenang namun tetap tajam. Dari sinilah sering muncul berbagai ide-ide yang luar biasa cemerlang.     

Setelah menyadari betapa banyak manfaat belajar musik yang bisa didapat di dalam kehidupan sehari-hari, betapa musik dapat mengubah diri menjadi lebih baik. Bahkan masih memiliki banyak keunggulan untuk para usia lanjut.

Mengapa tidak mencoba untuk bermain musik juga? Tidak ada salahnya mencoba segala sesuatu yang baik untuk diri kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.