Berita Nasional Terpercaya

Aher: Tahun Ini yang Ikut UNBK Naik 500%

0

BANDUNG, HarianBernas.com – Senin (4/4/16) Ahmad Heryawan atau Aher, Gubernur Jawa Barat, berharap jumlah sekolah yang mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat di 2017 bisa lebih banyak daripada tahun 2016, yakni mencapai 1.000 sekolah.

“Tahun ini, sekolah yang ikut UNBK naik 500 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2015 lalu, 102 sekolah, kini di tahun 2016 ada 402 sekolah,” kata Aher setelah meninjau pelaksanaan UN 2016 di SMAN 20 Kota Bandung.

Aher mengungkapkan alasan pihaknya ingin banyak sekolah yang mengikuti UNBK. Menurutnya, akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem tersebut, misalnya menghemat anggaran karena tidak perlu lagi mencetak soal UN.

“Kemudian tidak akan ada lagi kekhawatiran tentang kebocoran soal, lalu tidak ada lagi pihak yang membocorkan soal, tidak perlu sewa gudang untuk menyimpan soal, tidak perlu pengawasan distribusi soal dan lain-lain,” tambah Aher.

Menurut Aher, agar semakin banyak sekolah yang mengikuti UNBK di Jawa Barat, ke depannya pengadaan komputer untuk UNBK bisa dibeli atau didapat dari dana BOS Pendidikan Menengah Universal (PMU) di tingkat provinsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.