Berita Nasional Terpercaya

Bingung Memilih Tanaman Hias Indoor? Inilah Tipsnya

0

HarianBernas.com ? Tanaman hias indoor memang tanaman yang digunakan untuk mempercantik ruangan kita. Namun dalam memilih tanaman hias indoor, kita harus memikirkan daya tahan tanaman tersebut.

Apakah kuat jika terlalu lama di dalam ruangan, apakah mampu jika harus bertahan di ruangan ber AC, Apakah bisa hidup hanya dengan penerangan buatan (lampu ruangan)? Dan masih banyak lagi.

Inilah beberapa tips agar dapat memilih tanaman hias indoor yang tepat:

1. Berdasarkan daya tahan tanaman

Tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda-beda terhadap lingkungan. Bisa dilihat dari intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara juga temperatur udara.

Tanaman hias yang dapat bertahan akan intensitas cahaya matahari yang rendah atau kurang, dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor.

Selain itu kita juga memikirkan daya tahan tanaman terhadap udara kering dengan sedikit sirkulasi. Serta daya tahan tanaman hias terhadap temperatur sedang serta perbedaan temperatur siang dan malam yang ekstrem.

Walaupun demikian bukan berarti tanaman tersebut dapat tahan selamanya dalam ruangan. Merotasi secara rutin tanaman hias indoor memang sangat diperlukan.

Minimal 2 minggu sekali rotasi dapat dilakukan. Tanaman hias dari dalam ruangan akan diletakkan kembali diluar. Dengan tujuan agar dapat memberikan kesegaran dan tetap tumbuh dengan baik.

Karena fotosintesis tanaman memang masih diperlukan oleh tanaman hias indoor. Tanaman ini tetap membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh kembanganya tanaman itu sendiri.

2. Berdasarkan pada sistem perawatan tanaman

Tanaman hias memiliki perbedaan ketahanan terhadap lingkungan yang berbeda-beda. Hal inilah yang  membuat tanaman hias tersebut mempunyai sistem perawatan yang berbeda-beda pula. Rata-rata tanaman hias memerlukan intensitas matahari yang tinggi dan mempunyai sistem perawatan yang paling mudah.

Tetapi untuk jenis tanaman hias indoor, ada tanaman yang juga membutuhkan perawatan intensif dan ada pula yang mudah perawatannya.

Dianjurkan untuk pecinta tanaman pemula, jika hendak menentukan tanaman hias indoor maka carilah tanaman hias indoor yang perawatannya mudah dan sedikit.

Mudah melakukan perawatan berarti aktivitas perawatan tanaman hias itu mudah dan dapat dikerjakan oleh siapa saja.

Tanaman hias indoor yang termasuk mudah dirawat adalah sanseviera, dracaena, philodendron. Untuk yang memerlukan perawatan intensif : aglaonema, anthurium, calladium, anggrek.

Jika ingin mengkoleksi tanaman hias indoor memang hal yang gampang-gampang sulit yang pasti butuh ketelatenan didalamnya. Tetapi jika dapat merawatnya dengan baik maka akan memiliki kepuasan sendiri dan kepuasan hati ketika melihat tanaman hias itu bisa dilihat di dalam rumah bahkan hingga ke dalam kamar tidur.

Jika dihitung-hitung, sisi biaya perawatan sedikit di atas tanaman untuk tanaman hias di luar ruangan. Tetapi tanaman hias indoor memiliki keunggulan tersendiri yang dapat menghasilkan uang yaitu dapat membuka usaha Bisnis Rental Tanaman Hias.

Bisnis ini semakin banyak dicari karena sekarang semakin banyak pula acara-acara atau event yang dilakukan di dalam ruangan. Seperti seminar, pernikahan dan masih banyak lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.