Berita Nasional Terpercaya

Lancar Belajar Bermain Gitar Jazz

0

Harianbernas.com– Dilihat dari sejarahnya, musik jazz berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke 20. Jazz merupakan gabungan dari musik afrika dan musik eropa. Untuk saat ini, musik jazz tergolong sebagai musik yang eksklusif, karena jika dilihat dari penggemar musik jazz tergolong dari kelas menengah dan kalangan atas.

Panggung musik-musik jazz pun tergolong eksklusif karena panggung-panggung itu kadang hanya bisa ditemui di kafe-kafe hotel atau kafe-kafe kopi yang keren. Berawal dari sejarah musik bawah yang digagas oleh kaum minoritas kulit di Amerika Serikat, musik jazz sekarang menjadi musik kelas atas seperti sekarang.

Di Indonesia, musik jazz juga mempunyai tempat di hati masyarakatnya, hal ini terbukti dari prestasi musisi jazz yang terkenal seperti Indra Lesmana, Bubi Chen, Jack Lesmana, dan masih banyak musisi jazz hebat lainnya. Belajar jazz terutama gitar jazz bukanlah hal sulit jika kita mau untuk berlatih dan bersabar.

Perbanyaklah  Referensi Musik Jazz

Cara ini dilakukan dengan cara memperbanyak playlist lagu jazz yang Anda harus dengar. Jadikanlah musik jazz menjadi teman disaat sedang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Nyalakan musik jazz pada hp Anda setiap saat agar terbiasa mendengar chord-chord yang digunakan pada lagu dan musik jazz.

Pelajarilah Chord Jazz

Pelajarilah chord-chord yang biasa digunakan pada lagu dan musik jazz pada umumnya. Pelajari dan pahami chord-chord yang biasa dipakai pada musik jazz itu dengan cara mainkanlah dengan gitar Anda. Contohlah chord-chord gitar yang digunakan dalam lagu dan musik jazz misalnya Cmaj7 dan Cmaj9 dan lainnya. Anda bisa mempelajari chord-chord tersebut melalui di buku-buku chord ataupun di internet,

Mainkan Lagu Jazz

Mainkan beberapa lagu jazz sebagai awal pengenalan musik jazz. Caranya dengan mendengarkan beberapa lagu jazz kemudian cobalah untuk dapat memainkan dengan gitar Anda. Sebagai contoh lagu jazz untuk pemula seperti Birk's Work oleh Kenny Burrell, Summertime oleh Joe Pass, Bye-Bye Blackbird oleh Miles Davis, Autumn Leaves oleh Tal Farlow, Blue Bossa oleh Pat Martino, Take The “A” Train oleh Kenny Burrell, Milestones oleh Nelson Symonds Trio, dan Tune Up oleh Wes Montgomery.

Fokus dan Konsisten

Latihan secara fokus serta konsisten. Fokus berarti latihan musik jazz dengan memakai gitar serta bekerja keras dan memusatkan pikiran musik ke musik jazz terlebih dahulu  ketika sedang latihan. Konsisten berarti dengan cara meluangkan beberapa jam dalam sehari untuk dapat bermain gitar dan memainkan musik jazz. Lakukanlah latihan ini setiap hari sehingga kemampuan bermusik Anda akan semakin baik.

Semoda dengan beberapa langkah-langkah dalam bermain gitar jazz dapat membuat Anda semakin mahir bermain gitar jazz.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.