Berita Nasional Terpercaya

Bermain Bass Gitar pun Bisa Dilakukan dengan Penuh Improvisasi

0

HarianBernas.com– Bass ialah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Pada umumnya bass atau bass gitar mempunyai 4 senar atau dawai. Pada bass gitar perlu aliran listrik untuk membunyikannya hingga suara bass dapat terdengar keras.

 Aliran listrik ini dapat berfungsi untuk menghidupkan pickup atau mesin listrik pada bass gitar. Peranan bass dalam suatu pertunjukkan musik menajdi sangat penting. Bass mempunyai fungsi sebagai penentu nada atau chord dalam sebuah kelompok musik saat sedang bermain dan juga mempertunjukkan pertunjukkan musik.

Bass juga dapat berfungsi menjadi pembuat beat yang bisa membuat para pendengarnya ingin ikut berjoget. Dalam bermain bass, rasa dan feeling haruslah jalan jika ingin dapat bermain bass gitar dengan baik dan indah.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan ketika akan melakukan improvisasi bermain bass:

Mainkanlah Beberapa Not di Chord

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencoba memainkan not-not penyusun sebuah chord, misalnya chord C atau nada dasar C. Coba untuk membuat dan memainkan sebuah nada yang diambil dari not-not nada dasar C mayor. Tangga nada yang dimaksud ialah do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Mainkanlah nada-nada solmisasi tersebut secara acak dan kemudian pilih untuk menjadi kesatuan nada yang enak dan unik.

Perbanyaklah Referensi Lagu

Perbanyak referensi atau koleksi lagu yang dapat dimainkan kamu dengan bass, baik lagu dari dalam negeri maupun lagu dari luar negeri. Caranya adalah dengan banyak mendengar macam-macam lagu dan cobalah memainkan kembali dengan bass.

Hal ini sangat penting untuk menambah koleksi nada-nada indah juga menambah kepekaan terhadap nada-nada dalam setiap chord yang dimainkan. Dalam setiap lagu, biasanya bass memainkan peranannya disamping sebagai penentu chord. Kadang seorang bassis akan mencoba untuk berimprovisasi dipermainannya. Ini tentunya akan menambah referensi dalam berimprovisasi.

Selalu Berlatih

Latihan dan latihan. Bedakan latihan sendiri dengan latihan musik bareng band atau kelompok musik. Latihan sendiri pastinya lebih memfokuskan permainan bass diri sendiri dengan melatih skill permainan. Cobalah memainkan improve-improve dalam setiap chrod untuk nantinya ditampilkan atau ditunjukkan pada saat perfom bersama band di atas panggung. Latihan secara konsisten dengan cara meluangkan beberapa jam dalam tiap harinya untuk mencoba berimprovisasi dengan bassmu.

 Lihatlah Permainan Bassis Hebat

Dengan melihat permainan bassis hebat di dalam negeri maupun luar negeri, kemudian cobalah kembali memainkan permainan improve mereka. Melihat mereka bisa lewat video-video di internet seperti di youtube, dalam youtube akan banyak ditemui video permainan bass dari para bassis hebat dunia. Tontonlah sebanyak mungkin video para bassis hebat itu, kemudian mainkanlah kembali dengan bassmu, dengan ini kemampuan untuk berimprovisasi bass gitarmu menjadi semakin hebat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.