Berita Nasional Terpercaya

Mengapa Anjing adalah Hewan yang Tepat Dijadikan Peliharaan

0

HarianBernas.com – Anjing merupakan teman terbaik dan paling setia bagi manusia. Itu yang biasanya dikatakan terhadap binatang yang sudah menjadi bagian dari anggota keluarga yang istimewa. Anjing juga dapat mengisi kekosongan seseorang dengan mudah. Sehingga muncul lelucon bahwa anjing (nama ilmiahnya Canis familiaris) lebih setia dari suami / istri bahkan anak karena hubungan emosional yang telah terbentuk antara anjing dengan pemiliknya.

Inilah beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memelihara seekor anjing di dalam rumah, antara lain:

1. Adanya hubungan emosional antara anjing dan manusia

Jika memberi perhatian yang layak bagi anjing Anda seperti merawat dan mengelusnya, maka anjing akan merasa lebih tenang dan nyaman berada di dekat majikannya. Bagi manusia, kehadiran seekor anjing akan memberi perasaan senang dan nyaman karena  ada yang membutuhkan manusia. Itulah sebabnya anjing dapat menjadi teman terbaik bagi manusia

2. Memberikan rasa aman pada manusia

 

Anjing juga dapat memberi rasa aman pada majikannya. Kebiasaan anjing seperti menggonggong kepada siapapun yang asing, dapat menjadi perangkat pengamanan alami di rumah Anda. Bahkan pemilik anjing  akan merasa aman jika berada di dekat anjing karena anjing akan menyerang siapapun yang kelihatannya mengancam majikannya. Disamping itu, naluri anjing yang dapat mengetahui bencana alam jauh sebelumnya dapat juga menjadi keuntungan tersendiri jika tinggal di daerah yang sering terjadi bencana.

3. Memberikan Bantuan

Anjing akan sangat senang menjadi penolong bagi majikannya. Misalnya anjing yang dapat menjadi penuntun orang buta. Atau anjing yang jadi pembantu pemadam kebakaran. Selain itu, anjing pun dapat menjadi bagian tim khusus pertolongan bencana alam.

Anjing juga membantu petugas kepolisian mencari barang tertentu. Banyak bantuan yang telah diberikan oleh seekor anjing untuk majikannya bahkan pada situasi yang sulit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.