Berita Nasional Terpercaya

Ringkih dan Cepat Mati, Begini Harusnya Merawat Kelinci Anggora

0

HarianBernas.com – Banyak orang yang tertarik untuk memelihara dan merawat kelinci angora. Salah satu alasan adalah bulu dari anggora yang panjang membuat kelinci ini terlihat lucu dan menggemaskan. Tetapi, kelinci anggora termasuk golongan hewan kelinci yang cepat sakit atau ringkih.

Banyak pemilik kelinci angora yang merasa sedih atau kecewa karena hewan peliharaannya yang lucu ini tidak mempunyai umur panjang atau gampang mati. Biasanya kelinci tidak berumur panjang karena hanya salah pada perawatannya saja. Inilah beberapa langkah merawat kelinci anggora dengan baik dan benar.

Kandang untuk sang kelinci angora harus dijaga supaya tidak lembab. Selain itu, kandang juga dijaga dari cuaca yang tidak bersahabat ketika sedang hujan, panas matahari dan hembusan angin secara langsung. Oleh karena itu, jagalah selalu kondisi kering pada kandang.

Usahakanlah lantai kandang diberi sebuah penampung, sehingga kotoran serta sejenisnya dapat jatuh ke dalam penampung. Jika hal ini dilakukan maka kandang kelinci tetap bersih.

Berikan juga ruang gerak di dalam kandang kelinci anggora. Secara alamiah, kelinci merupakan hewan yang lincah. Sehingga jika kelinci mengalami kekurangan tempat untuk bergerak, maka kelinci cenderung stress, dan cepat mati.

Kelinci juga termasuk hewan yang membutuhkan sedikit air. Sehingga janganlah terlalu sering memberikan air minum. Cukup sebanyak dua kali sehari saja dengan porsi mini atau kecil. Jika makanannya yang diberikan sudah cukup mengandung air, maka pemberian minum pun perlu dikurangi.

Cara merawat kelinci anggora yang paling penting ialah dengan memperhatikan pola makannya. Beri makanan secara teratur pada kelinci peliharaan anda, beri makanan di pagi dan sore atau bisa juga sore dan malam.

Pastikanlah makanannya tidak mengandung banyak air.  Jangan pernah memberikan sayuran kepada jenis kelinci angora atau hias lainnya dalam bentuk segar. Pastikanlah sayuran itu dalam keadaan sudah layu. Sayuran yang layu maka kadar airnya juga sudah berkurang.

Proses pelayuan pada sayuran juga sangat berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga dapat menghilangkan getah ataupun racun yang nantinya dapat menimbulkan kejang-kejang juga mencret. Kelinci juga suka makan wortel karena wortel adalah buah yang berkadar air sedikit.

Berikanlah sedikit waktu untuk kelinci dapat bermain bebas di halaman rumah, karena sebenarnya kelinci sama seperti manusia yang juga butuh waktu untuk dapat bergerak bebas dan bermain. Hal ini penting untuk menjaga supaya kelinci tidak stress dan cepat mati.

Sering memperhatikan tingkah laku kelinci angora juga salah satu cara untuk merawat kelinci dengan baik. Jika kelinci anggora Anda terlihat sehat, maka dia akan bergerak  lincah dan suka bergerak kesana kemari. Namun jika kelinci angora terlihat lesu dan pendiam, bisa jadi kelinci sedang sakit atau bahkan kekurangan gizi. Maka segeralah periksa kelinci anggora kesayangan Anda ke dokter hewan untuk perawatan yang lebih lanjut.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.