Berita Nasional Terpercaya

Mensos: Stok Beras Kurang Dijamin Bisa Tercukupi Bagi Masyarakat

0

CIMAHI, HarianBernas.com – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menyebut stok beras sejahtera (rastra) untuk warga kurang bisa dijamin aman tercukupi sampai Lebaran bahkan bulan berikutnya.

“Satu setengah bulan lagi kita masuk Ramadhan, saya cek ke gudang Bulog sekaligus mengingatkan kepala daerah supaya memastikan masyarakat terutama mereka yang muslim agar memiliki stok lebih tinggi di rumahnya,” uajr Khofifah saat meninjau stok beras di Gudang Bulog Cimindi, Divre Jawa Barat di Kota Cimahi, pada Selasa (19/4).

Dia menjelaskan penyaluran Rastra dengan cara nasional telah mencapai 87 %, sedangkan di tingkat Propinsi Jabar lebih tinggi mencapai 91 persen.

Sementara penyaluran ke wilayah kepulauan, kata beliau, tak bisa dilakukan tiap-tiap bulan dikarenakan terkendala budget pendistribusian yang tetap tinggi.

“Untuk daerah kepulauan seperti Mentawai dan Meranti tidak bisa setiap bulan,” katanya.

Ia mengemukakan pemerintah terhadap APBN 2016 sudah mengalokasikan budget sebesar Rp21,8 triliun untuk pertolongan pangan yang sifatnya subsidi, seperti pembelian rastra cuma diihargai Rp1.600 per kg.

“Jadi, kalau 15kg mereka harus bayar Rp24 ribu, kalau ada yang lebih tinggi diatas harga sesuai dengan ketentuan karena mungkin yang bersangkutan tidak dapat mendapatkan sharing dari APBD,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.