Berita Nasional Terpercaya

Memotret dengan Smartphone Hasilnya akan Memuaskan Jika Tahu Trik Ini

0

HarianBernas.com – Saat berbicara tentang fotografi ataupun memotret dengan menggunakan kamera handphone atau smartphone, pasti di dalam benak kita terdapat kata seperti filter, instagram, camera 360, foto makanan, dan selfie yang akan muncul.

etapi kesan foto yang asal-asalan dan memiliki kualitas yang jelek juga seringkali terlintas dalam pikiran.

Memotret dengan kamera mungil yang ada di dalam smartphone memang tidak akan bisa menyaingi kualitas dari kamera serius dengan lensa yang mahal. Kita juga tidak akan berharap sampai sehebat itu.

Tetapi ada baiknya juga jika foto-foto yang dihasilkan dari smartphone Anda tidak terlalu asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar foto dari smartphone anda menjadi lebih baik.

  • Ketahuilah perbedaan antara snapshot dan fotografi

Banyak foto yang diambil dari handphone atau smartphone yang kita lihat di facebook atau pun instagram tampak asal-asalan. Itu karena foto-foto tersebut bukan merupakan hasil fotografi tetapi hanya sekedar memotret secara asal-asalan.

Kalau Anda ingin bisa menghasilkan foto smartphone yang dapat dibanggakan, perlakukan smartphone Anda sebagai sebuah kamera yang serius dan mumpuni. Setiap kali memotret dengannya, coba terapkan semua pengetahuan fotografi yang diketahui. Cobalah untuk berpikir dengan konsep yang matang untuk dapat menghasilkan foto yang juga terkesan matang.

  • Komposisi

Fotografer pro selalu mengatakan yang membedakan foto dasyat dan foto yang biasa adalah komposisinya. Untungnya untuk dapat menyusun komposisi foto yang keren tidak ada syarat yang harus menggunakan kamera DSLR.

Pelajarilah lagi dan kemudian terapkan semua teori komposisi fotografi yang ada pada saat memotret dengan smartphone anda.

  • Filter

Ada beberapa orang yang tidak membolehkan untuk pemakaian filter di Instagram dan berbagai aplikasi foto lainnya.Sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah, terlebih lagi jika kita tidak sedang memotret untuk keperluan sebuah jurnalistik.

Ini sebenarnya permasalahn selera saja dan filter dapat dianggap sebagai bumbu penyedap yang bisa menambah daya tarik foto asalkan porsinya tidak berlebihan.

Pahamilah opsi filter yang ada di dalam smartphone anda. Jika merupakan penggila instagram, maka pahamilah bagaimana masing-masing filter dapat mengubah sebuah foto. Saat Anda ingin memotret obyek yang menarik maka pikirkanlah filter apa pas dengan foto seperti ini.

  • Cobalah angle yang berbeda dan ekstrim

Sebenarnya ada kelebihan dari smartphone yang menjadi kekurangan dari DSLR. Smartphone memiliki ukuran yang mungil, bobot yang enteng dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Coba manfaatkan kelebihan yang satu ini, kita dapat memotret dari atas tanah tanpa harus tiarap untuk melakukannya. Dengan smartphone kita dapat memotret dari sudut yang sempit tanpa kesulitan untuk menyusun komposisi.

  • Manfaatkan aplikasi fotografi yang ada dalam system smartphone Anda

Saat ini banyak aplikasi fotografi yang hebat di dalam system gadget Anda, baik iOS maupun Android telah menawarkan berbagai keunggulan.

Kamera bawaan yang ada di dalam smartphone memang baik, tetapi aplikasi pihak ketiga yang ada biasanya memiliki fitur yang jauh lebih baik. Ada yang menawarkan kontrol exposure yang lebih kaya, ada pula yang menawarkan filter yang jauh lebih oke dan fitur lainnya.

Coba manfaatkan beragam aplikasi fotografi yang ada di masing-masing platform untuk dapat memperkaya senjata anda memotret.

Semoga beberapa cara ini dapat membuat hasil potret dengan menggunakan smartphone dapat Anda dapatkan dengan semakin baik.  

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.