Berita Nasional Terpercaya

Ikuti 4 Langkah Ini Agar Garis Horizon Lurus Saat Memotret

0

HarianBernas.com – Garis horizon merupakan garis yang tampak sebagai perbatasan antara langit dan bumi saat kita memotret, garis horizon ini akan terlihat jelas pada saat kita memotret di pantai atau laut.

Garis horizon juga dapat membagi komposisi foto yang kita potret jadi dua, yaitu langit dan daratan/lautan. Kita dapat memilih mana yang diprioritaskan di dalam foto kita, apakah langit yang akan diberi porsi besar dalam foto, ataukah daratan/laut. Semua bergantung pada fotografer.

Satu hal penting yang harus selalu diperhatikan fotografer ialah memastikan garis horizon yang dimaksud tetap lurus dalam fotonya. Tentu agar hasil fotonya tidak terlihat aneh.

Berikut 4 langkah mudah yang bisa dicoba agar horizon yang dipotret tetap lurus. Baik memotret dengan kamera digital ataupun smartphone.

1. Gunakanlah Garis Bantu di Layar (Grid View)

Pada umumnya setiap kamera dan smartphone pada saat memotret sudah disediakan opsi untuk menggunaan tampilan kotak-kotak di layar atau grid view.

Dengan adanya garis tersebut Anda bisa menggunakannya sebagai patokan untuk menjaga horizon agar tetap lurus.

2. Gunakanlah Tripod yang Dilengkapi Buble Level

Buble level mempunyai fungsi yang sama dengan water pass yang dipakai tukang bangunan. Dengan memanfaatkan sifat air yang selalu datar, Anda dapat menyesuaikan letak dan posisi tripod supaya benar-benar lurus.

Ketika tripod yang digunakan sudah lurus, otomatis garis horizon dalam foto nantinya akan tampak lurus juga.

3. Sesuaikan dengan Tepi Bawah/Atas Viewfinder

Terkadang dalam beberapa situasi pemotretan kita tidak bisa menggunakan tripod atau memang lupa untuk membawanya. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan tepi bawah atau tepi atas viewfinder kamera.

Trik ini pasti lebih cocok bagi Anda yang lebih menyukai memotret dengan melihat viewfinder, bagi yang kameranya tidak memiliki viewfinder dapat memanfaatkan grid view di layar.

Jika Anda mengintip dari viewfinder, tentu akan menyadari bahwa sisi atas dan bawah dirancang lurus, sama seperti bagian kiri dan kanannya sehingga dapat membentuk persegi panjang.

Manfaatkanlah kelurusan dari kedua sisi baik atas dan bawah tadi, sebagai patokan untuk Anda memastikan garis horizon yang dipotret lurus.

4. Ambil Patokan Garis Bangunan di Sekitar Tempat Anda Memotret

Trik keempat ini bisa dipadukan dengan langkah-langkah di atas tadi, kali ini Anda akan memanfaatkan bangunan yang ada di sekitar tempat memotret.

Para tukang bangunan umumnya membuat rumah dengan memanfaatkan waterpass, dengan cara yang sama juga Anda bisa memanfaatkan bangunan yang mereka buat tersebut.

Hal tersebut bermaksud, ketika Anda memotret dan akan memasukkan unsur berupa bangunan, Anda bisa memperhatikan arah garis lurus horizontal di bangunan tersebut untuk menjaga horizon foto tetap lurus.

Hal ini perlu diperhatikan ketika memotret dan garis horizonnya tidak nampak atau terhalang.

Garis bangunan yang dimaksud contohnya bagian atap, jendela, dan sejenisnya. Tapi ingat untuk memperhatikan juga letak dan posisi Anda berdiri, karena juga berpengaruh.

Semoga beberapa langkah ini dapat membuat Anda dapat memotret dengan garis horizon yang lurus. Selamat memotret.

Leave A Reply

Your email address will not be published.