Berita Nasional Terpercaya

Inilah 5 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Indonesia

0

HarianBernas.com – Mungkin bagi sebagian orang, memasuki masa-masa ke perguruan tinggi merupakan sebuah hal yang sangat menakjubkan sekaligus menyenangkan. Dalam fase ini, kita akan dituntut untuk menjadi seorang individu yang mandiri dan juga lebih rajin dalam menjalani kehidupan di luar, hal ini dilakukan agar dapat membekali diri untuk terjun ke dunia kerja dan pastinya banyak pesaing yang akan menunggu di luar sana.

Pada umumnya di dalam sebuah universitas, tentu saja ada jurusan yang akan menjadi favorit bagi kalangan anak muda seperti Desain Komunikasi Visual (DKV) yang saat ini telah menjadi salah satu jurusan favorit untuk para anak muda dan sekaligus sebagai wadah yang dapat menampung aspirasi para seniman yang ingin dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Di balik terkenalnya sebuah universitas, pasti ada beberapa jurusan yang menjadi ‘momok’ bagi mahasiswa lainnya. Sebenarnya apa saja jurusan kuliah tersebut? Inilah 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia:

1. Matematika dan Statistika

Dari awal, kita sudah merasakan sulitnya pelajaran matematika di sekolah. Bahkan pelajaran ini sudah menjadi momok yang amat menakutkan bagi sebagian siswa. Dengan rumus hitung hitungan yang begitu banyak dan juga rumit, matematika telah menjadi satu jurusan yang amat menakutkan bagi mahasiswanya. Hal itupun terjadi pada jurusan statistika.

2. Ilmu Ekonomi

Zaman yang semakin berkembang, membuat orang tersadar jika tingkat ekonomi juga semakin meningkat seiring dengan waktu berjalan. Sedangkan dalam ilmu ekonomi Anda harus dapat konsisten dalam menjalani jurusan ini. Selain itu dalam jurusan ini, ternyata ditemukan juga ilmu matematika dan statistika. Jadi bisa disebut ilmu ekonomi adalah satu jurusan kuliah yang memang tidak bisa dianggap remeh atau gampang.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

3. Farmasi

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh banyak mahasiswa di Indonesia. Dengan jaminan kerja menjadi apoteker atau menjadi spesialis obat di dalam sebuah rumah sakit, Ilmu Farmasi sudah menjadi satu jurusan kuliah yang paling disegani di Indonesia sekaligus juga jurusan kuliah tersulit di Indonesia.

4. Arsitektur

Di dalam ilmu arsitektur Anda bukan hanya dituntut untuk dapat pintar dalam menggambar sebuah bangunan. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat memecahkan masalah struktur dalam sebuah bangunan.

Anda juga harus dapat akrab dengan ilmu matematika dan statistika yang menjadi salah satu pondasi untuk bisa menghitung luas dan perbandingan dalam sebuah bangunan. Anda juga diharuskan pintar untuk melihat kondisi tanah yang akan dibangun menjadi sebuah gedung atau bangunan agar nantinya tidak salah dalam mengambil lokasi atau struktur bangunan.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

5. Kedokteran dan Bedah

Menjadi dokter bisa dibilang sebuah impian bagi semua orang terutama sewaktu kita masih kecil, tetapi untuk mendapatkan gelar dokter tentu bukanlah hal yang mudah. Seorang dokter pasti pernah melewati masa masa sulit pada waktu belajar di universitas.

Begitu juga Dokter Bedah, ilmu kedokteran dalam bidang perbedahan sudah menjadi jurusan kuliah tersulit di Indonesia. Hal ini disebabkan untuk menjadi seorang dokter bedah yang andal, Anda harus menjadi pribadi yang sangat cerdas dan menguasai beberapa ilmu dalam kedokteran seperti patologi, anatomi, dan sebagainya.

Jika Anda sampai menjadi seorang lulusan yang ‘aspal’ (asli tapi palsu) dalam jurusan ini, Anda harus bersiap berhadapan dengan rumitnya rumus-rumus pemecahan masalah yang pastinya akan membuat pikiran menjadi puyeng.

Itulah 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia, sebenarnya tidak ada hal yang harus dipersulit tetapi semua bergantung bagaimana kita serius menghadapinya. Semoga sukses dalam menghadapi studi Anda.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.