Berita Nasional Terpercaya

Inilah Tahap Mengajarkan Balita Agar Suka Memancing

0

HarianBernas.com – Liburan keluarga yang sangat menyenangkan akan selalu menjadi pilihan, salah satunya adalah dengan mengajak anak memancing. Hal itu sebenarnya tidak akan menyulitkan bagi keluarga jika salah satu orang tuanya atau bahkan kedua-duanya memiliki hobi memancing.

Tetapi akan sedikit menyulitkan bagi keluarga yang satu atau malah dua orang tuanya bukanlah seorang pemancing.

Bagaimana cara mengenalkan hobi memancing pada anak-anak sesuai dengan tahapan umurnya? Metode-metode sederhana ini dapat memastikan pengalaman memancing pertama pada anak tidak akan berakhir pada kenangan buruk bagi anak.

Sebaliknya, dengan memancing akan memberikan kesenangan yang membekas sepanjang hidup mereka.

Berikut ini beberapa metode sederhana yang terbukti manjur untuk membuat balita Anda gemar memancing:

Anak usia 1 ? 5 Tahun

Anak usia 12 dengan 24 bulan merupakan kondisi anak yang menyenangkan bagi para orang tua, karena pada saat ini tingkah laku anak sedang lucu-lucunya terutama ketika anak sedang belajar berjalan.

Stimulan atau rangsangan yang tepat akan sangat membantunya menjawab segala rasa ingin tahunya.  Kenalkan perjalanan ataupun memancing dengan cara membawanya ke ladang atau hutan bersungai kecil.

Buat sang anak senyaman mungkin dengan cara memanggulnya di bahu bersama dengan tas gendongnya. Bawalah juga joran dan senar, tinggalkan kotak peralatan pancing di rumah.

Berdasarkan penelitian para ahli, rentang fokus anak pada usia ini hanya sekitar dua sampai dengan enam menit. Lempar umpan dengan joran hanya pada spot-spot yang menurut Anda akan berpotensi strike, setelah itu cobalah spot yang berbeda.

Ceritakan juga secara menyenangkan kehidupan alam bebas yang dilihatnya selama perjalanan memancing. Lakukan trip awal ini sebentar saja lebih kurang setengah jam. Tetapi dapat dilakukan sedikit lebih lama jika si anak terlihat senang saat berada di lokasi.

 Jangan pernah lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan peristiwa awal anak memancing itu ya.

Anak usia 24 sampai 36 bulan

Orang tua mana pun akan selalu merasa anak-anak pada usia ini terlihat tumbuh besar secara cepat. Kita melihat Anak kita semakin pintar bicara, ataupun sangat bersemangat untuk menunjuk barang-barang dan menyebut namanya.

Para ahli berkeyakinan jika rata-rata rentang fokus anak-anak pada usia ini sekitar lima sampai delapan menit. Perjalanan mancing dapat dilakukan lebih lama, oleh karena itu kemungkinan mendapatkan strike ikan jauh lebih besar.

Tetapi masih sama seperti pada trip pertama, lakukan trip yang tidak semata-mata untuk mendapatkan tarikan ikan. Anda dapat mengulang trip sebelumnya atau dapat juga memilih lokasi lain yang terdapat angsa atau unggas lain untuk dilihat anak.

Pada pengenalan hobi mancing tahap ini, Anda sudah dapat menambahkan umpan kecil pada peralatan mancing yang digunakan. Coba juga dengan memancing ikan-ikan kecil di pantai dan biarkan anak ikut membantu menggulung ril.

Siapkan pula kamera dan pastikan tidak ada pose si kecil yang terlewat, terutama saat anak mendapat strike pertama.

Selamat bersenang-senang dengan balita Anda dan selamat memancing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.