Berita Nasional Terpercaya

Hindari 10 Hal Ini Agar Tangan Tidak Mati Rasa Saat Gowes

0

HarianBernas.com ? Bagi Anda yang menyukai olahraga sepeda terutama bersepeda dengan jarak yang jauh terkadang merasakan tangan mati rasa. Tentu saja jika hal ini dibiarkan akan sangat berbahaya bagi keselamatan Anda. Bisa saja Anda terjatuh atau bahkan tertabrak karena Anda tidak bisa merasakan tangan Anda sendiri.

Jika Anda tidak ingin mati rasa pada saat gowes lakukanlah 10 hal ini:

1. Pakailah sarung tangan

Sarung tangan memiliki bantalan yang dapat menyerap guncangan dari dampak benturan jalan ke setang dan juga saraf median di tangan Anda. Hal inilah yang membuat tangan Anda tidak akan merasakan mati rasa.

2. Menggerakkan tangan dari waktu ke waktu

Anda tidak harus berpegangan di satu titik dari setang untuk jangka waktu yang panjang, hal ini malah menyebabkan vena median menjadi terjepit dengan permukaan setang dan memotong pasokan darah ke tangan.

Metode lain untuk dapat menghindari titik tekanan pada vena median tergantung pada jenis setang yang Anda gunakan

3. Menaikan setang Anda atau mengubah setang MTB dari jenis Raiser

Ini akan mengalihkan beban berat badan Anda ke pusat sepeda ataupun sadel, sehingga beban yang didistribusikan secara merata pada sadel serta kaki bukan pada vena median di tangan Anda.

4. Tekuk sedikit siku Anda

Ini akan dapat mengurangi tekanan tangan Anda ke pegangan setang serta membantu penyerapan goncangan ke bahu Anda.

5. Alihkan berat badan Anda ke sadel

Cobalah untuk alihkan berat badan Anda ke sadel dengan duduk tegak sehingga meringankan tekanan tangan Anda ke pegangan setang.

6. Melonggarkan tali pengikat di sarung tangan

Beberapa orang mengikat tali sarung tangan terlalu ketat dan akhirnya justru dapat memotong sirkulasi darah ke vena median pada pergelangan tangan. Cobalah untuk sedikit untuk melonggarkan tali pengikat di sarung tangan sehingga darah di vena dapat mengalir lancar.

7. Janganlah menekuk pergelangan tangan Anda

Beberapa orang menekuk pergelangan tangan mereka karena sudah terbiasa melakukan kebiasaan yang buruk, ini juga bisa memotong sirkulasi darah ke vena median pada pergelangan tangan.

8. Memilih panjang setang yang benar

Cara yang tepat untuk mendapatkan pengukuran yang benar ialah mengukur lebar antara bahu Anda dan memilih setang yang lebih lebar sedikit sekitar 10-15 cm di setiap sisi.

Ini bisa membantu mengajarkan lengan Anda untuk bisa bersantai dan mengurangi tekanan tangan pada pegangan yang juga dapat memberi Anda lebih banyak kontrol ketika gowes.

9. Cek suspensi depan Anda jika akan naik sepeda gunung

Suspensi mungkin sudah tidak aktif karena ternyata cairan minyak sudah habis, sehingga tidak dapat lagi mencegah getaran dari jalan ke pergelangan tangan Anda melalui setang.

10. Melakukan rutin pemeriksaan medis

Terkadang mati rasa datang dari beberapa masalah kesehatan yang Anda sendiri tidak menyadarinya seperti diabetes, ganglions serta mungkin dislokasi vena median di pergelangan tangan Anda.

Lalu pilihlah ukuran sepeda yang tepat untuk Anda karena ukuran yang salah akan dapat mendistribusi berat badan anda secara tidak beraturan yang bisa berakibat beban berada di satu titik seperti lutut, pergelangan kaki, pantat, dan juga pergelangan tangan.

Semoga beberapa cara ini dapat digunakan untuk membuat tangan Anda tidak merasakan mati rasa ketika gowes atau bersepeda. Selamat bersepeda. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.