Berita Nasional Terpercaya

Ingin Udara Ruangan Anda Bersih? Letakkan Tanaman Hias Ini

0

HarianBernas.com – Tanaman hias pada umumnya ditanam di luar ruangan. Tetapi sebenarnya ada juga tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ruangan. Bukan hanya sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata juga bisa membersihkan udara, menyerap polutan serta gas-gas berbahaya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan juga Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Dari penelitian ini dihasilkan laporan bahwa beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata bisa menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

Gas-gas berbahaya dalam ruangan seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara dapat dibersihkan dengan tanaman hias dalam ruangan. Sehingga udara dalam ruangan dapat menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Inilah 6 tanaman hias yang bisa menjadi pembersih udara di dalam ruangan.:

Lidah Buaya (Aloe vera)

Tumbuhan yang satu ini dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka serta mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai tanaman penyerap polutan.

 Aloe vera juga mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), serta berbagai bahan kimia lainnya.

Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant merupakan tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini telah menyebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm.

Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini juga dapat ditanam dalam pot dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini bisa menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet serta pencetakan.

Gerber daisy (Gerbera jamesonii)

Tanaman Gerber daisy di Indonesia lebih dikenal dengan nama Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini mempunyai bunga warna warni danjuga  kerap dijadikan bunga potong bersama mawar, anyelir, seruni, dan tulip.

Dapat tumbuh baik di dalam pot serta di dalam ruangan. Tanaman ini efektif untuk menghilangkan trichloroethylene, Cocok diletakkan di dalam kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur.

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Lidah mertua atau snake plant adalah tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria seperti  karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.

Bahkan hanya dengan 5 helai daun sansevieria dewasa dapat menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan. Selengkapnya tentang lidah mertua baca Sansevieria atau Lidah Mertua, Tanaman Hias yang Bisa Menghisap Polutan

Sirih gading (Epipremnum aureum)

Sirih gading atau disebut juga dengan golden pothos atau devil?s ivy merupakan tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Tanaman ini berasal dari negara Australia, Malenesia termasuk juga Indonesia, Indochina, Jepang, China, dan India.

Jadi bisa dikatakan sirih gading ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Meskipun tanaman empifit dan semi-merambat namun baik dalam menjadi pembersih udara dalam ruangan serta menyerap racun formaldehida dari berbagai polutan lainnya.

Dragon Tree (Dracaena marginata)

Dragon tree atau Red-edged dracaena merupakan tumbuhan dari famili Asparagaceae. Tanaman asal Madagaskar serta Mauritius ini termasuk tumbuhan semak. Di dalam ruangan tanaman ini juga ampuh dalam menyerap xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang ada di udara akibat lak, pernis serta bensin.

 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengurangi udara kotor dalam ruangan Anda. Selamat menanam tanaman indoor dalam ruangan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.