Berita Nasional Terpercaya

Google Menangkan Kasus Implementasi Java di Android, Oracle Banding

0

HarianBernas.com – Saat ini telah memasuki babak baru terkait dengan kasus hukum yang tengah melanda dua perusahaan besar yaitu Google serta Oracle terkait dengan sebuah penggunaan API Java di Android.

Saat ini kasus tersebut tengah ditangani, juri pengadilan yang menangani kasus tersebut telah menetapkan keputusan penggunaan bahasa pemrograman pada sistem operasi tersebut dengan adil dan sesuai.

Keputusan tersebut sudah mendapat sambutan baik dari pihak Google, dimana Google menyebutkankan jika kemenangan yang mereka raih ini juga sudah mewakili atas kemenangan untuk ekosistem Android dan komunitas pemrograman Java.

Selain itu, kemenangan pula untuk para pengembang software yang bergantung pada bahasa pemrograman terbuka dan gratis agar membuat sebuah produk terbaru dan inovatif.

Akan tetapi, hal tersebut justru ditanggapi sebaliknya oleh pihak Oracle. Terlihat bahwa Oracle sama sekali tidak mendapatkan sebuah kepuasan terkait keputusan ini.

Tidak menutup kemungkinan apabila mereka akan segera mengajukan banding mengenai keputusan yang telah dibuat oleh juri dalam persidangan tersebut.

Telah dilaporkan oleh Tech Crunch bahwa keputusan memenangkan Oracle sebagai pemilik bahasa pemprograman dinilai nantinya bisa membuat para developer takut untuk mengimplementasikannya ke API perusahaan lain yang telah menjadi rekan mereka.

Persaingan yang terjadi kini diantara dua perusahaan teknologi yang sama-sama besar namanya tersebut memang telah dimulai dari awal tahun 2012.

Kasus ini dimulai sejak Oracle sudah mendaftarkan sebuah tuntutan hukum ke pengadilan, mereka menyebutkan jika Google telah mengimplementasikan kode dari bahasa pemrograman Java milik mereka tanpa meminta izin sebelumnya.

Pada saat itu, pengadilan juga telah mengklaim jika Google sama sekali tidak melakukan pelanggaran terhadap hak cipta yang dimiliki Oracle tersebut, meskipun sebenarnya keputusan ini telah dibantah oleh Oracle pada saat pengadilan banding mempertanyakan hak cipta API tersebut.

Sekarang, keputusan terbaru yang berkaitan dengan hal ini dianggap bukan merupakan sebuah keputusan akhir dari kasus ini, hal itu dikarenakan Oracle masih tetap memegang teguh dan percaya bahwa Google mengembangkan Android dengan cara menyalin teknologi Java secara ilegal untuk dapat masuk dan memenangkan pasar perangkat mobile tersebut.

?Oracle akan meneruskan tuntutan ini untuk menghentikan tindakan ilegal yang dilakukan Google. Kami percaya kami memiliki banyak data yang dapat diajukan untuk banding, dan kami akan mengajukan banding untuk kasus ini pada Pengadilan Federal,? ungkap penasihat umum dari Oracle, Dorian Daley.

Untuk perkembangan selanjutnya mengenai kasus tersebut, kita tunggu saja bagaimana akhirnya pihak manakah yang akan benar-benar menang. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa dibelakang para developer juga tidak sabar untuk mengetahui akhir dari kasus ini. Hal ini juga akan menentukan masa depan para developer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.