Berita Nasional Terpercaya

Pentingnya Sebuah Tujuan Hidup

0

HarianBernas.com-Pernahkah kita mendapati diri kita frustasi dalam pekerjaan atau berjalan tak tentu arah dan tak tahu mau ke mana? Jangan-jangan itu terjadi karena tiadanya tujuan dalam hidup kita.

Ibarat ketika naik taksi, kita berkata, ?Bang, saya mau ke tempat yang enak? tanpa menyatakan dengan jelas tujuan kita. Dapat dipastikan supir taksi tersebut akan bingung atau Anda hanya akan berputar-putar tak tentu arah. Juga tak dapat dipastikan, apakah tempat Anda berhenti, tempat yang Anda sukai.

Lain halnya ketika Anda dapat memastikan tujuan. Jalan yang akan Anda tempuh menjadi lebih jelas dan lebih dapat dicapai. Dalam Neuro-Linguistic Programming sangat disarankan untuk membuat tujuan yang spesifik dan menjadikan tujuan itu sebagai panduan dalam kita melangkah.

Tahukah Anda? Ketika Anda membuat tujuan dalam pikiran, bawah sadar Anda akan lebih terarah dan terkadang dapat mewujudkan suatu cara yang unik untuk mencapai tujuan Anda. Misalnya, ketika Anda hendak mempersuasi orang lain atau hendak melakukan terapi, biarlah Anda membuat tujuan dalam benak Anda dan pastikan segala langkah-langkah yang Anda lakukan menuju tujuan tersebut.

Dalam berkomunikasi, tentu, kita pernah merasakan pesan yang kita sampaikan tidak memiliki makna di benak orang yang kita tuju. Itu biasanya terjadi karena tujuan yang tidak kita tetapkan secara jelas. Dalam dunia komunikasi, objectives sangat penting dalam dunia Neuro-Linguistic Programming, atau dikenal sebagai outcomes yang menjadi salah satu pilar dari keilmuan tersebut.

Lebih besar lagi konteksnya adalah tujuan hidup. Kita perlu tahu ke mana akan melangkah, apa visi hidup kita, dan lebih besar lagi, untuk apa kita diciptakan di dunia ini. Mengetahui tujuan memang memakan waktu, tapi setelah mengetahuinya, kita akan menghemat waktu dalam langkah-langkah strategi kita. Mengetahui tujuan hidup, sejatinya adalah langkah pertama yang harus kita upayakan demi kebahagiaan hidup kita.

Mengutip salah seorang bijak, ?Kenalilah visimu dan majulah.? Mengetahui dan menetapkan tujuan memang menjadi langkah yang sangat krusial untuk menuju perubahan. Layaknya papan panahan, biarlah tujuan tersebut, kita bisa lihat dengan jelas untuk kita bidik dengan kekuatan dan kecepatan penuh.

Jadi, sudahkah Anda menetapkan tujuan dalam setiap langkah Anda?

Andreas Pasolympia, BA, MA (Hons)
Happiness Coach | People Development & Communication Expert
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.