Berita Nasional Terpercaya

Permen Karamel Khas Pangalengan Bandung Jadi Incaran Wisatawan

0

BANDUNG, HarianBernas.com –  Wisatawan memilih karamel permen tradisional menjadi oleh-oleh favorit ketika berkunjung di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung di libur Lebaran 2016. Karamel adalah permen khas daerah Pangalengan terbuat dari olahan susu sapi kemudian menjadi permen.

“Omzet penjualan karamel meningkat signifikan, juga dodol buah buahan. Sebagian besar membeli dalam partai besar,” ujar Komariah salah satu penjual di Jalan Raya Pangalengan Banjaran, Sabtu (9/7/16).

Ia mengatakan banyak wisatawan yang datang dari luar Bandung membeli karamel permen tradisional dalam jumlah yang besar sebagai oleh-oleh. Kendaraan wisatawan pun berjejer hampir di setiap kios penjualan makanan khas kawasan Pangalengan.

Karamel Pangalengan ini terdiri dari rasa orginal, dan variasi rasa seperti sroberi, nanas, pisang, cokelat. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 30.000 per kemasannya. Para pedagang tak hanya menjajakan karamel tetapi juga, manisan buah pala dan dodol buah-buahan dengan aneka rasa seperti sirsak, pisang, pandan, dan stroberi.

Kawasan Pangalengan merupakan salah satu objek wisata di Bandung Selatan. Pengunjung dapat melalui jalur Baleendah-Banjaran-Pangalengan. Objek wisata andalannya adalah Situ Cileunca dan pemandian air panas Cibolang.

Wisatawan di Bandung akan disuguhkan alam perkebunan teh dan bisa menikmati suasana liburan di Situ Cisanti, hulu dari Sungai Citarum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.