Berita Nasional Terpercaya

Sarjana Umur 11 tahun? Bagaimana Bocah Ini Melakukannya?

0

LOS ANGELES, HarianBernas.com – Lahir pada 14 Feburari 1998, Mosche Kai Cavalin. Seorang remaja yang karena kejeniusannya dalam bidang pendidikan, ditolak oleh semua sekolah yang didaftarnya. Hal ini mengakibatkan Cavalin tidak dapat mengenyam pendidikan SD. Mulai usia dua tahun, ia selalu mengisi hari harinya dengan belajar. Tiada waktu untuk tidak belajar.

Membaca dan menonton yang membawanya ke kejeniusan. Usia 4 tahun, Kai Cavalin sudah mulai dengan belajar intensif matematika, musik, seni bela diri dan membaca. Ibu Cavalin memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, dan mendidik anaknya sendiri. Hal ini disebabkan karena Kai Cavalin selalu ditolak ketika mendaftar sekolah. Bagaimana tidak, ayahnya mendaftarkan Kai di suatu SD, namun sekolah tersebut mengharuskan Kai Cavalin untuk masuk di kelas 1 SD. Padahal kemampuannya sudah seperti anak kelas 5 SD.

Homeschooling menjadi satu satunya jalan keluar. Diusianya yang ketujuh, Kai Cavalin sudah menyelesaikan pendidikan SMA. Usia 8 tahun, ia sudah menjadi seorang mahasiswa. Bahkan ia bisa mengajari teman temannya yang umurnya dua kali lipat diatasnya. Kai Cavalin berhasil lulus di usia 11 tahun dengan IP sempurna, 4.00. Ia diincar oleh banyak universitas untuk melanjutkan S2.

Hal yang selalu ia pegang adalah “Saya tidak suka disebut jenius dan saya tidak ingin disebut seperti itu ? Yang saya lakukan adalah mencoba untuk mendapatkan kebijaksanaan melalui pengetahuan dan saya pikir melatih kebijaksanaan jauh lebih baik daripada menjadi jenius.”

Begitu banyak sekolah yang menolaknya. Namun diakhir, tidak sedikit pula yang mengincarnya. 

Dalam bukunya yang berjudul We Can Do, Kai Moshe menyarankan agar melakukan hal-hal terbaik selama masih ada waktu. Ini tidak berarti seseorang harus belajar sepanjang hari. Banyak hal yang bisa dilakukan di waktu-waktu yang kita miliki. Seseorang yang serius melakukan hobinya pun bisa berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.