Berita Nasional Terpercaya

Arahkan Anak Gemar Membaca, Cara Sakti Tingkatkan Prestasinya

0

HarianBernas.com ? Anda pasti mendambakan anak menjadi seorang siswa yang meraih banyak prestasi di sekolahnya. Memang telah banyak berbagai cara untuk bisa meraih prestasi akademik yang mungkin Anda ketahui. Sebenarnya yang menjadi kunci utama supaya sang anak memdapatkan hasil belajar yang baik ialah dengan cara banyak membaca.

Mengapa banyak membaca menjadi cara tepat? Karena Anda tidak pernah mendengar jika seorang siswa yang berprestasi tetapi selau merasa malas untuk membaca. Biasanya anak yang berprestsi mempunyai hobi atau kebiasaan membaca. Bisa dibilang minat anak tersebut untuk membaca itu cukup tinggi.   

Baca juga Ternyata, Membaca Buku dengan Suara Nyaring Punya Banyak Manfaat

Sebenarnya Anda tak perlu mencekoki sang anak untuk membaca buku setiap waktu. Jika hanya membaca buku pelajaran maka Anak Anda akan merasa jenuh dan malah tak mau belajar lagi. Ada baiknya Anda mengenalkan kepada sang buah hati tentang berbagai buku pengetahuan atau wawasan lainnya untuk semakin diperdalam, misalnya dengan membaca ensklopedia, buku referensi, majalah, buku fiksi dan non fiksi serta majalah.

Browsing informasi melalui internet juga merupakan hal yang baik untuk diperkenalkan kepada sang anak, sehingga nantinya ia dapat melihat berbagai informasi yang bermanfaat dari luar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.   

Cobalah evaluasi jam belajar anak Anda, bisa jadi sang anak telah menghabiskan waktu sekitar 2 jam setiap hari untuk belajar di rumah. Tetapi apakah hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan yang diinginkan anak Anda?

Jika ternyata belum memperoleh hasil yang maksimal, bisa jadi Anda dapat mengajaknya meningkatkan prestasinya agar lebih memuaskan. Salah satu caranya ialah dengan meningkatkan frekuensi waktu membaca.

Baca juga Ternyata Gemar Membaca Bisa Memperpanjang Usia dan Banyak Manfaat Lainnya

Cobalah untuk memakai waktu luang anak untuk membaca. Bisa dengan memanfaatkan waktu istirahat di sekolah, atau pun membaca buku di perpustakaan. Ingat! Tidak harus buku pelajaran, buku tambahan yang bermanfaat pun dapat dilakukan.

Bahkan ketika Anda sedang berjalan-jalan dengan sang anak, cobalah sekali-kali mengajaknya mampir ke perpustakaan kota ataupun mampir di taman kota. Perpustakaan biasanya merupakan tempat membaca dengan daerah baca yang nyaman untuk keluarga. Perkenalkanlah sang anak tentang perpustakaan dan kelebihan apa yang didapat jika suka membaca buku di perpustakaan.

Selain  itu juga ada taman kota, sembari membawa buku kesayangan sang anak, ajaklah ia menikmati keindahan taman sambil duduk santai di taman kota. Lalu carilah tempat yang tenang dimana Anda dan anak dapat membaca buku dengan tenang di taman kota.  

Baca juga Ingin Umur Panjang? Mulailah Rajin Baca Buku

Sebenarnya jika bosan membaca buku di luar rumah, mengapa tidak sekali-kali membaca di rumah. Cobalah Anda membuat sebuah permainan yang menyenangkan dan ajaklah Anak untuk bermain. Permainan ini dapat dengan menebak jalan cerita isi buku cerita yang dimiliki dan kemudian dibaca bersama-sama. Bahkan dapat membuat jalan cerita sendiri yang terinspirasi dari buku yang dibaca bersama.

Pastinya Anda harus mau menyisihkan uang yang Anda miliki untuk dialokasikan ke dalam buku bacaan untuk si anak. Anda pasti tak mau jika anak menjadi malas membaca karena ia sudah mulai bosan dengan buku bacaan yang dimiliki. Jika memang bisa, cobalah untuk menyisihkan uang Anda agar satu bulan sekali dapat membeli buku untuk Anak kesayangan Anda.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, pastinya selama ada kemauan tulus dari Anda untuk suka membaca maka Anak akan suka membaca. Selain itu yang paling penting adalah Anda sendiri juga suka untuk membaca maka ia akan mengikuti Anda. Karena dengan memberikan contoh langsung akan memiliki dampak yang lebih efektif dibandingkan hanya menyuruh. Selamat mencoba. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.