Berita Nasional Terpercaya

Peneliti Sibuk Membongkar Rahasia Ikan Aneh di Daratan Australia

0

HarianBernas.com – Profesor Tim Berra dari University of Ohio selama ini sangat giat untuk mengetahui seluk beluk ikan aneh di Australia Utara. Sejak tahun 2001, Berra telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berburu ikan yang dikenal dengan nama nurseryfish atau Kurtus gulliveri yang ada di Sungai Adelaide River di Northern Territory.

Profesor emeritus di bidang evolusi ekologi dan biologi ini telah menjelajah kawasan Top End di Australia Utara untuk meneliti ikan nurseryfish ini. “Ini merupakan ikan asli yang bisa sangat aneh, jantannya justru yang membawa telur dan disimpan di kait yang ada di kepalanya,” ujar Prof Berra.

Baca juga Kebijakan Menteri Susi Untungkan Para Pemancing

Prof Berra bahkan mengatakan jika ikan ini merupakan salah satu jenis paling aneh yang pernah dia teliti. “Saya diundang ke seluruh Amerika Serikat dan dunia untuk dapat memberi kuliah tentang nurseryfish dan semua orang tercengang dengan keanehan ikan ini dalam banyak hal,” katanya.

“Tak ada ikan lain di dunia yang seperti ini, hanya bisa hidup di utara Australia dan selatan New Guinea,” tambahnya.

“Anatominya sangat aneh, perilakunya aneh, dan kami tidak pernah bisa mengakhiri proyek atau penelitian ini sebab semakin kami pelajari maka akan semakin banyak yang kami tahu, semakin banyak pertanyaan yang harus diajukan,” terangnya.

Baca juga Inilah Tahap Mengajarkan Balita Agar Suka Memancing

Profesor Berra menyebutkan, penelitian tentang nurseryfish di Sungai Adelaide River bukan tanpa hambatan, namun ia mengakui bahwa hal itu adalah hal yang terpenting dalam 45 tahun kariernya sebagai seorang pakar perikanan.

“Ada beberapa masalah, seperti adanya buaya air asin besar yang berenang bebas di sungai. Begitu pula arus yang bedanya antara arus kuat dan rendah bisa sampai delapan meter,” ucapnya.

“Itulah sebabnya ikan ini sampai sekarang belum diteliti dengan detail. Makalah terakhir sebelum saya menelitinya berasal dari tahun 1913 yang lalu. Sejak 2001, kami pun mulai memublikasikan tentang ikan ini setelah semakin banyak yang diketahui,” tambah Prof Berra.

Baca juga Inilah Trik Mancing Ikan di Air Jernih

“(Selama) 15 tahun hidup saya, saya sengaja fokuskan pada ikan nurseryfish di Darwin. Saya suka dengan petualangan ini,” ucap Prof. Berra dengan semangat.

Sebagai tambahan informasi, Kurtus gulliveri atau nurseryfish merupakan spesies nurseryfish asli perairan tawar dan payau di selatan New Guinea dan Australia bagian utara. Ikan ini dapat ditemukan di muara sungai, rawa-rawa bakau, rawa nipa serta sungai lambat mengalir dengan tingkat kekeruhan yang tinggi.

Spesies ini bisa mencapai panjang 63 cm atau 25 inchi, walaupun kebanyakan jauh lebih kecil. Dalam sebuah studi morfologi, ikan terbesar terbesar adalah 33 cm (13 in), sedangkan rata-ratanya ialah 14 cm (5,5 in).

Baca juga Suka Mancing? Coba Asyiknya Memancing di Lokasi Ini

Ikan ini terkenal dengan strategi pemuliaan yang tak biasa di mana laki-laki yang membawa cluster telur di hook menonjol dari dahi (supraoksipital). Sedangkan Betina tak memiliki kait. Makanan ikan ini adalah krustasea terutama udang, ikan kecil serta larva serangga.

Ikan nurseryfish bisa jadi ikan paling aneh yang pernah ditemui Profesor Berra. Tetapi menurutnya pengalaman memancing paling aneh yang dilakukannya telah melibatkan ikan salamander, sekop, serta mobil pemadam.

“Ikan salamander di Australia Barat juga sangat aneh bahwa mereka hidup di kolam yang kering selama musim panas,” kata Prof Berra. “(Saya ingin tahu) di mana ikan-ikan itu ketika tak ada air? Saya bawa mobil pemadam ke lapangan dan menyirami kolam kering dengan air sebanyak 2.700 liter,” ucapnya.

“Tiba-tiba ada ikan, cukup beri air, kemudian gali saja dengan sekop,” katanya. “Memancing dengan sekop dan mobil pemadam, sepertinya bukan sebuah cara memancing biasa.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.