Berita Nasional Terpercaya

Inilah Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Membuang Sarang Tawon Kertas

0

HarianBernas.com – Anda mungkin pernah melihat benda berwarna kecoklatan dan dipenuhi lubang-lubang berada di langit-langit rumah Anda. Itu adalah sarang tawon kertas. Tawon kertas sendiri adalah hewan sosial yang memperoleh nama demikian karena bahan yang menyusun sarangnya memiliki sifat tipis dan lentur layaknya kertas.

Tawon kertas memperoleh bahan yang dibutuhkannya untuk membuat sarang dengan cara menggigiti kulit kayu dan mencampurnya dengan air liurnya sendiri. Jika Anda menemukan sarang tawon kertas, sebaiknya Anda biarkan sarang tersebut jika sarangnya tidak terletak di dalam ruangan yang sering Anda gunakan untuk beraktivitas. Karena tawon kertas bukanlah hewan yang agresif dan tidak akan menyengat selama Anda tidak menyentuhnya.

Alasan lain mengapa Anda sebaiknya membiarkan tawon kertas adalah karena serangga ini sangat bermanfaat dalam memberantas hama yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Bagaimana bisa? Jadi, biarpun makanan tawon kertas dewasa adalah nektar bunga, larva tawon kertas menjadikan daging serangga lain sebagai makanannya.

Karena larva tidak bisa mencari makan sendiri, yang bertugas mencari makan untuk larva adalah tawon kertas dewasa. Ulat yang dikenal sebagai perusak dedaunan adalah buruan favorit dari tawon kertas. Ketika tawon kertas sudah menemukan ulat, ia akan menyengatnya hingga lumpuh dan mencabik-cabik dagingnya. Tawon kertas kemudian akan membawa pulang potongan daging tersebut untuk dimakan oleh larva.

Jika larva mendapatkan makanan yang dibutuhkannya secara lancar, larva akan bermetamorfosis menjadi kepompong dan tawon dewasa. Jika jumlah tawon kertas yang ada semakin banyak, maka jumlah ulat yang bisa merusak tanaman pun menjadi sedikit. Tawon kertas juga membantu penyerbukan dan perkembangbiakan tanaman ketika sedang hinggap pada bunga. Sekarang, Anda sudah tahu kan mengapa Anda sebaiknya membiarkan tawon kertas beserta sarangnya hidup?

Leave A Reply

Your email address will not be published.