Berita Nasional Terpercaya

Inilah Cara Merawat Bunga Seroja yang Harus Anda Tahu

0

HarianBernas.com ? Bunga Lotus atau Bunga Seroja adalah tanaman hias air tawar yang banyak disukai oleh para penyuka tanaman hias. Namun hingga saat ini, bunga seroja masih salah kaprah dan disebut dengan bunga teratai. Hal ini karena dianggap mempunyai kemiripan dengan bunga teratai air meskipun sebenarnya keduanya terdapat perbedaan.

Perbedaannya bunga seroja dan bunga teratai ialah tangkai bunga seroja yang lebih kuat dibandingkan dengan tangkai dari bunga teratai, tangkai tanaman bunga seroja terlihat menjuntai dengan ukuran yang Nampak lebih tinggi bila dibandingkan dengan bunga teratai. Jika Anda dilihat dengan teliti, daun seroja tak tahan air dan berbeda dengan teratai yang lebih tahan air.

Cara Merawat Bunga Seroja

Bunga seroja adalah tanaman hias air tawar yang sangat cocok berada media tanam berlumpur dan tergenang oleh air. Namun tanaman ini pun sangat menyukai sinar matahari, maka dari itu untuk penempatannya memang harus sangat diperhatikan supaya tanaman ini akan tetap dapat tumbuh dengan baik.

Karena itulah, sediakan pot ataupun media yang berlumpur. Inilah cara membuatnya,

  • Sebagai media tanamannya pakai campuran dari pasir, tanah serta pupuk kompos dan sudah menjadi perbandingan komposisi diantara ketiga campuran itu yang berupa 1:1:1.
  • Tanamlah bunga Seroja dengan menanam dari biji ataupun mengambil rimpang bunga tersebut.

Baca juga Ingin Udara Ruangan Anda Bersih? Letakkan Tanaman Hias Ini

Selanjutnya, lakukan perawatan agar tanaman hias bunga lotus Anda dapat bertumbuh dengan baik. Perawatan dapat Anda lakukan dengan cara memperhatikan bagaimana pemberian pupuk dengan rutin serta berkala.

Untuk pemupukan sendiri dapat Anda lakukan dari daun dengan cara disemprotkan atau dapat juga melalui adanya penambahan pupuk cair di media tanamnya.

Cara perawatan lainnya di samping pemupukan ialah melalui pemangkasan batang serta daun. Cara memangkas dengan cara menyingkirkan daun dari tanaman lotus yang mati ataupun layu. Tentu saja pemangkasan ini akan membuat daun tanaman hias air tawar tetap terlihat cantik walaupun tanaman ini masih belum mengeluarkan bunga indahnya.

Supaya bisa melakukan pertumbuhan secara optimal maka hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan ialah dengan memperhatikan kondisi akar yang berada di media tanam. Jika Anda melihat sudah cukup penuh maka ini saatnya Anda melakukan pergantian media dan pot atau repotting.

Jika Anda melihat akar-akarnya telah nampak tua serta mati maka ini saatnya akar tersebut dibuang atau dihilangkan. Namun ingat! Sisakanlah akar yang muda dan sehat. Pastinya dengan proses repotting maka Anda bisa membuat rimpang dapat Anda jadikan bibit untuk nantinya ditanam di dalam pot atau tempat lain.

Baca juga Sansevieria atau Lidah Mertua, Tanaman Hias yang Bisa Menghisap Polutan

Karena tanaman ini berada di media yang sangat memerlukan air maka usahakanlah untuk menghindarinya dari sarang jentik nyamuk terlebih lagi untuk media tanamnya. Maka akan menjadi solusi yang tepat jika di dalam media tersebut terdapat juga beberapa ikan kecil. Beberapa jenis ikan kecil yang dapat Anda pelihara sebagai penjaga tanaman hias bunga lotus ialah ikan cupang, ikan pedang atau ikan Molly.

Jika Anda tak tertarik memelihara ikan kecil maka tidak ada salahnya secara teratur memberikan larutan abate di media tanaman lotus.

Inilah sedikit ulasan tentang tanaman hias air tawar yaitu bunga lotus atau yang dikenal juga dengan nama bunga seroja. Semoga dari artikel ini Anda dapat menambah informasi dan juga sedikit wawasan tentang tanaman ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.