Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Hotel Berbintang 1 Hingga 5, Apa Kriterianya?

0

HarianBernas.com – Travelling sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang Indonesia.  Kebutuhan pokok tidak hanya kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan untuk piknik dan refreshing bukan sekedar pelengkap tapi direncanakan dan dianggarkan. Bahkan, menjadi agenda rutin tahunan bahkan bulanan.

Adanya peningkatan gaya hidup masyarakat saat ini, terutama masyarakat modern di perkotaan, diimbangi juga dengan menggeliatnya industri pariwisata di Indonesia. Munculnya objek-objek wisata baru di seluruh pelosok Indonesia turut mempengaruhi pertumbuhan akomodasi penunjang lainnya, seperti hotel atau penginapan.

Travelling tidak harus mahal. Jika harus menginap pilihan hotel pun beraneka ragam. Dari yang paling mahal hingga yang kelas backpacker. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan budget anda.

Nah, agar anda tidak keliru dalam memilih hotel, sebaiknya anda mengetahui tentang kriteria sebuah hotel. Biasanya kriteria ini dibagi dari hotel kelas bintang 1 hingga hotel kelas bintang lima. Lalu, apa saja kriterianya?

Kritera hotel berbintang ini tidak hanya berlaku di Indonesia tetapi berlaku internasional. Di Indonesia sendiri hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI No. 6 tahun 2014 tentang penilaian kriteria hotel.

Penilaian tersebut berdasarkan aspek pelayanan, produk, dan pengelolaan. Ketika di suatu waktu sebuah hotel masuk ke kriteria bintang 5, belum tentu prediket tersebut akan melekat terus selamanya. Semua tergantung dengan 3 aspek tadi, yaitu pelayanan, produk, dan pengelolaan.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan predikatnya, hotel harus konsisten dan terus meningkatkan pelayanannya. Adanya kriteria ini adalah untuk melindungi konsumen. Ketika konsumen membayar mahal untuk menginap di hotel berbintang maka ia terjamin untuk mendapatkan pelayanan dan produk yang bagus. Jadi tidak seperti membeli kucing di dalam karung.

Jika anda memang berniat untuk bepergian atau hobi travelling, tidak ada salahnya anda selalu mencari update informasi tentang hotel yang ada di tempat tujuan anda. Bagaimanapun, hotel tempat kita menginap seperti rumah kedua kita. Kenyamanan dan kebersihan tentu nomor satu.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.