Berita Nasional Terpercaya

Hewan Ini Mengusir Musuhnya dengan Cara Menangis Darah!

0

HarianBernas.com – Menangis darah? Membayangkannya saja, mungkin Anda sudah merasa takut duluan. Bahkan mungkin Anda bakal langsung membayangkan adegan di film horor. Namun tahukah anda kalau di dunia ini benar-benar ada hewan yang bisa menangis darah?

Hewan dengan kemampuan yang terkesan menakutkan tersebut adalah kadal bertanduk. Sejenis reptil yang mendapatkan nama demikian karena bagian kepalanya memang dipenuhi oleh duri-duri kecil menyerupai tanduk. Badannya berbentuk bulat dan gempal, sementara ekornya berukuran pendek. Habitat liar kadal bertanduk terdapat di AS dan Meksiko.

Tujuan kadal bertanduk ?menangis darah? adalah untuk melindungi diri dari musuhnya. Namun kadal bertanduk sendiri hanya menggunakan teknik tersebut sebagai pertahanan diri terakhirnya. Metode pertahanan diri pertama kadal bertanduk adalah dengan mengandalkan warna dan teksturnya untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

Jika penyamaran kadal terbongkar, kadal bertanduk akan melarikan diri secepat mungkin, berhenti tiba-tiba, lalu kembali berlari cepat untuk membingungkan musuhnya. Namun jika cara ini tidak berhasil, kadal bertanduk akan mengembungkan tubuhnya sendiri supaya terlihat lebih besar dan lebih menakutkan.

Kalau semua metode tadi gagal mengusir musuhnya, barulah kadal bertanduk akan mengeluarkan darah dari bawah matanya. Darah tersebut bukan sekedar mengalir ke bawah layaknya air mata. Namun disemprotkan ke arah musuh layaknya air yang muncrat dari selang. Taktik ini paling efektif digunakan terhadap hewan-hewan dengan indra penciuman yang tajam. Karena bau menyengat yang timbul dari darah akan membuat hewan yang hendak memangsa kadal menjadi merasa tidak nyaman dan kemudian mundur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.