Berita Nasional Terpercaya

Gunung Terindah di Indonesia

0

HarianBernas.com – Tidak ada yang dapat meragukan keindahan alam di Nusantara. Dari semua wisata alam yang diciptakan Tuhan, semuanya sangat sempurna. Dan wisata alam yang sedang populer di kalangan traveler adalah puncak gunung. Tapi, mana saja gunung terindah yang dianugerahkan Tuhan di Indonesia?

1. Gunung Gede Pangrango
TNGGP atau Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah gunung favorit pendaki dari Jabodetabek. Gunung ini memiliki lembah yang sangat terkenal dan cukup dicari oleh para pendaki yaitu Surya Kencana yang berada di natara Gunung Gede dan Pangrango.

Selain itu ada juga lembah Mandalawangi di Gunung Pangrango yang tidak kalah terkenal. Kedua lembah tersebut menyajikan hamparan edelweiss dan rerumputan lembut dengtan udara yang sejuk. Trek di gunung ini juga tergolong mudah dengan harga tiket masuk yang tidak mahal.

2. Gunung Prau
Spot terbaik untuk mendapatkan sunrise yang indah di Pulau Jawa adalah di Gunung Prau. Pada tahun 2014, Puncak Prau menjadi spot terbaik di Asia Tenggara untuk mendapatkan Golden Surise. Anda juga dapat menikmati Telaga Warna dari puncak Prau, serta bermain bukit Teletubies. Dari puncak Paru Anda juga dapat memandang agungnya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

3. Gunung Tambora
Letusan yang terjadi pada tahun 1815 telah menalan korban jiwa yang cukup banyak. Gunung yang berada di Sumbawa dengan ketinggian 3.000 mdpl ini memiliki kawah Tambora yang membuat keindahan gunung ini bertambah. Terlebih lagi dengan hamparan edelweiss dan gurun pasir yang membentang di bibir kawah.

4. Puncak Jayawijaya
Indonesia yang berada di garis khatulistiwa ternyata memiliki gunung berslju yang dianugerahkan di tanah Papua. Puncak Jayawijaya atau Cartenz adalah keindahan tersendiri bagai para pendaki dari dalam negeri atau mancagenara. Di puncak Anda dapat melihat tanah Papua dan pulau ? pulau yang beradai di sekitar Papua.

5. Gunung Kerinci
Gunung tertinggi di Indonesia, berbagai panorama alam ada di gunung ini. Lengkapnya trek pendakian yang beraspal, bebatuan, pasir, ruput dan pohon serta bersungai kecil hingga tanjakan dengan kemiringan 60 derajat bahkan lebih. Di Gunung ini juga terdapat berbagai flora dan fauna hingga Danau Gunung Tujuh yang bereberangan dengan Gunung Kerinci.

6. Gunung Merbabu
Gunung ini berada di Magelang dan Boyolali, gunung dengan ketinggian 3142 mpdl ini memiliki tujuh puncak dan dua yang tertinggi adalah Puncak Syarif dan Puncak Tiangulasi. Ditambah lagi dengan lima kawah yang akan Anda temukan ketika menuju puncak Merbabu, yakni Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.

7. Gunung Bromo
Gunung Bromo layak masuk dalam daftar gunung terindah di Indonesia, bukan karna treknya yang mudah tapi karna pemandangan yang sangat indah. Dengan ketinggian 2.329 mdpl. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dengan sangat sempurna. Masyarakat asing menyebut bahwa Bromo adalah spot terbaik untuk mendapatkan foto.

8. Gunung Kelimutu.
Berada di Nusa Tenggara Timur, gunung dengan ketinggian 1.639 ini menjadi surga nyata di Indonesia dengan adanya kawah tiga warna dipuncaknya. Banyak pendaki dan ahli geologi yang tertarik dengan keindahan Gunung Kelimutu, untuk berfoto atau menganalisis perubahan ketiga danau yang berada di satu tempat itu.

9. Gunung Semeru
Puncak Mahameru di Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini menjadi gunung terindah kedua di Indonesia. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini selalu menjadi tujuan para pendaki karena jalur pendakiannya yang cukup mudah. Untuk pendaki pemula, mereka sudah cukup puas dengan berkemah di Rani Kumbolo.

10. Gunung Rinjani
Berada di Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani menjadi wisata trekking terbaik di Asia Tenggara dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Ditambah lagi dengan keberadaan Danau Segara Anak yang mengelilingi Anak Gunung Barujari pada ketinggian 2.000 mdpl dalam perut Rinjani. Pemandangan di Gunung Rinjani sudah tidak dapat terbantahkan lagi, inilah yang menjadi magnet para pendaki untuk mengunjungi gunung dengan ketinggian 3.726 mpdl.

Itulah gunung terindah di Nusantara. Anugerah Tuhan yang tidak dapat Anda dustakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.