Berita Nasional Terpercaya

Saksikan Pertunjukan Ketoprak Tobong ?Rante Emas Mataram? Malam Ini

0

HarianBernas.com – Ketoprak bergaya  tobong  yang pernah jaya pada tahun 1960-1980-an dan kini telah surut, akan dibangkitkan lagi melalui pementasan bertajuk ?Rante Emas Mataram? oleh Sinergi Aktor Ketoprak DIY, Jumat (18/11)  pukul 20.00 WIB  di halaman Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Pementasan yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan DIY, TBY dan Majelis Ketoprak DIY ini   menampilkan aktor- aktor potensial ketoprak dari seluruh DIY. Mereka antara lain,  Hargi Sundari, Sugeng Iwak Bandeng, Slamet HS, Suradali, Sukidal, Tuminten, Sugiman, dan puluhan aktor lainnya. Naskah disusun Nano Asmorodono dan dalang oleh Miyanto.

Gaya pemanggungan ketoprak tobong bercorak konvensional/klasik, menggunakan kelir/back-drop bergambar sebagai seting dan trik untuk memperkuat unsur-unsur tontonan (spektakel) misalnya keris bisa terbang. Tiga kekuatan ketoprak tobong yang ditampilkan adalah peristiwa dramatik, humor dan pertempuran yang mengandalkan seni beladiri.

Menurut pimpinan produksi Toelis Smero mayoritas pemain yang tampil kali ini telah memiliki jam terbang yang tinggi di jagat panggung ketoprak. ?Beberapa dari mereka hingga kini masih aktif mendukung Ketoprak RRI Nusantara II, Yogyakarta. Adapun sebagian lainnya adalah aktor-aktor profesional dari Sleman, Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul,? ujar Toelis.

Ditambahkan Toelis, perhelatan ini merupakan upaya untuk melestarikan dan mengembangkan ketoprak tobong sebagai salah satu kekayaan budaya lokal  Yogyakarta. ?Kini di DIY  ketoprak tobong sudah tidak ada lagi. Ini terjadi sejak tahun 1980-an. Padahal dulu, ketoprak tobong merupakan kawah pengolahan sumber daya manusia ketoprak. Kehadiran kembali ketoprak tobong bisa jadi pengetahuan dan inspirasi bagi generasi muda,? tutur Toelis.

Nano Asmorodono mengatakan dipilihnya lakon ?Rante Emas Mataram? karena lakon ini sangat menarik dan mengandung unsur-unsur dramatik. ?Ceritanya seputar  ekspansi kekuasaan Mataram di bawah kekuasaan Panembahan Senopati ke kadipaten Madiun. Melalui rekayasa cinta yang canggih dan dukungan militernya, Senopati akhirnya mampu menalukkan Madiun,? ujar Nano.

Ditambahkan Nano, penyajian ketoprak ini tetap diupayakan segar karena penampilan para pelawak seperti Yu Beruk, Sugeng Surono dan lainnya. Tak ketinggalan, juga ditampilkan adegan-adegan peperangan yang seru, dengan beberapa trik artistik  panggung khas ketoprak tobong. Penonton juga akan disuguhi keindahan tata artistik  yang menggunakan lukisan (kelir) sebagai latar belakang panggung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.