Berita Nasional Terpercaya

Inilah Cara Terbaik untuk Membatasi Anak Bermain Gadget di Usia 2 Tahun

0

HarianBernas.com ? Harus diakui saat ini banyak orang mempunyai rasa candu terhadap gadget. Memang kecanduan ini dapat dialami oleh siapapun dari orang dewasa sampai anak-anak dan balita. Terlebih saat ini saya juga para orang tua yang telah memberikan kebebasan untuk sang anak bermain gadget bahkan ketika usianya masih sangat dini atau sekitar 2 tahunan.

Berdasarkan anjuran dari American Academy of Pediatrics, pemakaian gadget di saat usia anak menginjak 2 tahun harus dapat dibatasi hanya sekitar 1 jam setiap harinya. Namun jika anak telah terlanjur tak dapat melepaskan diri dari permainan di dalam gadget, tentu saja melakukan pembatasan dari pemakaian gadget akan menjadi usaha yang tidak gampang.

Astri Wen yang merupakan sekolah anak menyatakan jika ada beberapa cara untuk bisa membatasi pemakaian gadget pada anak. Yang pertama tidak ada pemakaian gadget diwaktu sang anak makan.

Astrid menambahkan, pada saat makan perlu adanya proses untuk saling bertatapan mata dan juga menanyakan bagaimana rasa dari makanannya. Ini bertujuan agar anak mengerti jika makan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, makan pun menjadi sebuah bentuk dari pemberian kasih sayang antara orang tua dan anak.

Baca juga Bingung Menghadapi Anak yang Mudah Marah? Coba Lakukan 6 Cara Ini Supaya Ia Tenang

Cara selanjutnya untuk membuat anak kita tidak kecanduan memakai gadget ialah dengan tidak ada pemakaian gadget satu jam sebelum ia tidur. Tentu saja hal ini akan membuat sang anak dapat mengatur dirinya sendiri sebelum tidur. Oleh karena itu, pastikanlah notifikasi dan suara gadget Anda telah dimatikan.

Di samping itu, pastikanlah Anda selalu mendampingi sang anak ketika memakai gadget. Walaupun ia asyik menggunakan gadget tetap usahakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan sang anak. Salah satu caranya ialah dengan menonton video di gadget sembari melakukan diskusi hangat.

Jangan khawatir jika anak mengarah akan hal tersebut, karena sebenarnya anak-anak itu dapat untuk di terapkan aturan batas waktu bermain gadget. Sebagai contoh, katakanlah kepada anak untuk dapat bermain selama 10 menit. Sang anak masih belum memahami sepenuhnya Apa yang dimaksud dengan waktu 10 menit, itulah saatnya orang tua mengingatkan kembali kepada sang anak bahwa waktu bermainnya hampir berakhir. Dengan cara ini, sang anak telah menyadari Jika waktu bermain telah habis.

Baca juga Membaca Dongeng Anak Dapat Membuat Pertumbuhan Si Kecil Menjadi Lebih Optimal

?Cobalah kepada anak Anda yang berusia 2 tahun untuk diberi tahu jika waktu bermainnya adalah 10 menit, nanti dia pasti mengerti. Jika waktunya hampir habis maka sang anak perlu diingatkan. ?waktunya 5 menit lagi habis ya?. Dari sini si anak akan mengerti jika waktu bermainnya sudah hampir selesai,? terang Astrid.

Pada saat anak Anda mulai berhenti main gadget coba untuk mencari kegiatan alternatif. Sebagai contohnya adalah kegiatan bermain yang dapat dilakukan oleh Anda dan anak. Memang sangat penting bagi anak Anda dapat menyentuh benda secara langsung dan juga mengenali bagaimana teksturnya. Sebagai contohnya, bawalah anak Anda bermain di taman.

Baca juga Bunda, Jangan Lagi Memaksakan Anak Menghabiskan Makanannya yah

Lantas ajaklah dia merasakan bagaimana caranya menyentuh rumput dan tanah. Selain itu, dengan dia melepaskan diri dari gadget, maka ia dapat bersosialisasi dengan teman-teman satu usianya yang ada di sekitar rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.