Berita Nasional Terpercaya

Jangan Galau Walau Keuangan Kembang Kempis, Ikuti 8 Cara Ini Biar Hati Tenang

0

HarianBernas.com ? Apakah Anda baru saja lulus dan bergaji setara UMR? Atau bisa jadi Anda bekerja lama tetapi dengan pendapatan yang masih tak menutupi seluruh pengeluaran Anda? Ingatlah ini bukan saatnya berkecil hati. Bersyukurlah dengan apa yang sudah didapatkan dan buatlan perencanaan keuangan yang tepat sehingga masa depan Anda cerah kembali.

Inilah beberapa cara supaya dapat mengatasi keuangan yang kembang kempis supaya Anda dapat tetap bahagia sekaligus sukses di dalam karier.

1. Membuat rancangan keuangan yang simpel

Sebelum Anda mulai untuk mengeluarkan sedikit demi sedikit gaji yang sudah diperoleh, ada baiknya jika Anda membuat rancangan keuangan yang simpel untuk mengetahui berapa uang yang dikeluarkan secara rutin di setiap bulan.

Mulailah dengan mencatat ongkos transportasi serta makan siang Anda. Setelah itu, usahakanlah untuk memberikan porsi sekitar 10 persen yang diperoleh dari penghasilan Anda untuk dapat ditabung. Setelah itu, Anda akan dapat mengetahui berapa uang yang dapat tersisa untuk belanja serta jalan-jalan.

Baca juga STOP Bergantung pada Suami! Dukung Ia dengan Ikut Mempunyai Penghasilan karena 5 Alasan Ini

2. Membawa kotak makan siang ke kantor

Ini memang salah satu cara sakti untuk dapat melakukan penghematan, terlebih jika Anda mempunyai keuangan yang bisa dibilang tidak dapat menutupi seluruh pengeluaran. Walaupun membawa bekal sembari menghabiskan waktu dengan teman-teman di kantor, maka ada baiknya untuk dapat membagi waktu selama satu pekan. Sebagai contohnya, dari hari Senin hingga Jumat maka tentukanlah berapa kali Anda membawa bekal dan berapa kali Anda makan siang bersama teman kantor.

3. Hilangkanlah beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan

Inilah saatnya Anda untuk dapat memilah manakah pengeluaran yang memang harus dikeluarkan dan manakah yang tak dilakukan. Coba nilai baik-baik, pengeluaran mana yang memang kebutuhan dan manakah yang memang hanya keinginan semata saja.

Mengobrol dan berkumpul dengan teman di kafe memang menjadi hal yang saat ini sedang populer untuk dilakukan. Namun sebenarnya Anda dapat memberikan cara yang solutif untuk dapat mengurangi penngeluaran Anda.

Salah satu caranya ialah dengan makanlah di rumah sebelum akan berangkat di kafe, kenyangkanlah perut Anda sehingga ketika telah berada di kafe maka hanya mengeluarkan uang untuk minum saja untuk mengurangi pengeluaran.  

4. Cobalah mengubah pola pikir

Penting untuk diingat jika besaran gaji belum tentu menunjukkan seberapa berkualitas kerja diri seseorang. Terlebih jika perusahaan dimana Anda bekerja ternyata memang memberikan standar gaji yang memang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan yang lain.

Karena memang kenyataannya, banyak juga karyawan yang masih bertahan meskipun mempunyai gaji yang kecil. Walaupun begitu, mereka tetap semangat bekerja sesuai dengan minat dan masih bisa berprestasi di kantor. Hal ini akan sangat berbeda jika Anda memang menyadari jika gaji yang diperoleh memang karena Anda tak berprestasi serta kurang aktif di kantor.   

Baca juga Menghasilkan Gaji Besar, Pekerjaan Ini Yang Tidak Butuh Gelar Pendidikan

5. Milikilah prinsip ?Hujan Emas di Negeri Orang, Hujan Batu di Negeri Sendiri, Baik Juga di Negeri Sendiri?

Peribahasa di atas mengandung arti walau pun di negeri orang atau tetangga lebih makmur dan mewah namun ingatlah jika negeri sendiri (rumah sendiri) masih tetap yang paling nyaman. Jadi meskipun tetangga mempunyai kehidupan yang terlihat lebih indah tetap tak akan membuat Anda pun lantas menjadi indah karenanya jika tak berusaha.

Bisa jadi Anda merasa sangat kecewa karena mengetahui teman kantor mempunyai gaji yang lebih tinggi padahal dari pengalaman dan kemampuan Anda merasa jauh lebih baik darinya. Walaupun hal itu terjadi, Anda jangan pernah patah semangat. Seharusnya itu menjadikan diri Anda termotivasi untuk dapat berprestasi di kantor. Jika atasan Anda mengetahui kemampuan yang dimiliki dan terkesan karenanya, maka Anda dapat saja mempunyai jabatan yang lebih baik dan juga kenaikan gaji. Semangat!

6. Pintar-pintarlah melihat dan mencari peluang

Apakah Anda mempunyai penghasilan yang kembang kempis terus merasa sebagai makhluk termiskin di dunia? Stop! Jangan lagi Anda melakukan hal tersebut. Tak ada lagi waktu untuk melakukan hal percuma seperti itu.

Ini saatnya Anda bangun dari mimpi buruk Anda yang hanya mengasihani diri dalam hari-hari Anda. Tak ada yang salah jika mencoba untuk mencari berbagai kesempatan yang baru di luar sana. Anda dapat memulai mencari pekerjaan sampingan yang tak akan dapat mengganggu waktu Anda bekerja dan melakukan berbagai produktivitas di kantor.  

Sebagai contohnya ketika Anda mempunyai keandalan di bidang desain maka Anda dapat memberikan berbagai penawaran bantuan atau jasa kepada teman-teman yang membutuhkan jasa desain. Bisa juga ketika Anda mempunyai kemampuan menulis lantas menyalurkan hobi Anda sebagai penulis lepas, blogger, atau pun content writer di berbagai blog, laman online dan banyak lagi. Paling penting ialah selalu berusaha yang disesuaikan dengan kemampuan dan waktu kita.

Baca juga Bekerja Separuh Waktu, Hasil 3x Lipat, Ini Rahasianya

7. Berhentilah menyalahkan diri sendiri karena penghasilan anda kecil

Seberapa besar penghasilan yang telah anda miliki semuanya berawal dari pemikiran. Bisa jadi apa yang sebenarnya anda pikirkan akan menghasilkan apa yang saat ini Anda rasakan. Ketika anda sedang merasakan sesuatu maka akan menentukan apa yang sebenarnya anda lakukan saat ini. Sudah pasti hasil yang didapatkan ialah Apa yang kini ada dalam diri anda dimulai dari penampilan, karir, kesehatan termasuk juga uang dan penghasilan

Oleh karena itu mulai dari sekarang, berhentilah untuk menyalahkan siapa Anda dari lahir mengapa Anda menjalani hidup seperti ini dan apa yang telah Anda lakukan. Ingatlah apa yang telah Anda lakukan inginkan ucapan itu adalah cerminan diri Anda. Jika merasa penghasilan Anda kurang, maka perbesarlah kemampuan supaya mendapatkan penghasilan yang lebih dan sesuai dengan kemampuan yang telah Anda miliki.

8. Segeralah untuk melunasi hutang Anda secepat mungkin

Jika Anda mempunyai hutang maka Anda perlu untuk menyelamatkan penghasilan Anda. Salah satu caranya ialah mengetahui apa sih tujuan Anda berhutang, Apakah hanya untuk gaya hidup semata atau memang sebuah kebutuhan? Sebenarnya apa pun alasannya segera lunasi tanpa membuat hutang yang baru. Jika selama ini Anda berhutang untuk berbagai hal yang hanya bersifat keinginan, maka ubahlah keinginan itu menjadi sebuah tujuan finansial.

Jika gaji yang Anda miliki tidak terlalu besar ini dikarenakan tak didukung dengan berbagai faktor yang lain sebagai contohnya lingkungan kerja yang nyaman, karir yang sangat menjanjikan. Maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari peluang di perusahaan yang lain.

Tetapi jika Anda memang ingin berpindah ke perusahaan yang lain maka carilah informasi tentang perusahaan yang Anda incar dan berapa gaji yang ditawarkan untuk Anda ketika berada di sana. Tentu saja hal itu dilakukan supaya Anda bisa penghasilan yang lebih baik dan sesuai dengan kinerja Anda. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.