Berita Nasional Terpercaya

Inilah Faktor Penting yang Bisa Mempengaruhi Minat serta Potensi Anak

0

HarianBernas.com ? Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengetahui minat serta bakat sang anak? Sedangkan Anda sendiri sudah mengenalkannya dengan berbagai hobi atau kegiatan yang Ia sukai. Namun selain menjajal semua hal ternyata ada beberapa faktor yang membuat kita mengetahui apa yang menjadi minat serta potensi anak.

Berdasarkan Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang, Minat dan Potensi Anak, Soedjatmiko menyebutkan jika ada berbagai faktor yang mempengaruhi minat dan potensi anak, seperti:  

Faktor internal

Faktor internal atau dalam diri sang anak yang dapat mempengaruhi minat serta potensinya, dibuat oleh

1. Genetik

Minat serta potensi anak dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dari ayah dan ibu. Oleh karena itu, tentu saja menjadi hal yang sangat wajar jika bakat dan potensi dapat sama dengan orangtuanya.

2. Biologis

Faktor biologis yang dimaksud ialah pemenuhan gizi, waktu tidur, kecukupan gerak fisik serta pencegahan penyakit. Para orangtua akan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan biologis sang anak agar bisa mendukung bakat serta potensi sang anak.

3. Psikologis

Bakat dan potensi sang anak sangat dipengaruhi oleh psikologis anak. Adanya kemampuan anak untuk mengatur emosi serta mengendalikan diri pun dapat membuat bakat dan potensi anak bisa terbentuk.

Faktor eksternal

Sedangkan faktor eksternal (dari lingkungan rumah, sekolah, dll) yang bisa mempengaruhi bakat serta potensi anak ialah

1. Contoh atau model

Seorang anak adalah orang yang sangat pandai untuk mengikuti model yang ada disekitarnya. Oleh karena itu ada baiknya jika orangtua dapat memberikan contoh atau model yang menjadi panutan untuk sang anak. Berikanlah kesempatan untuk Ia memperhatikan berbagai kegiatan atau hobi yang Anda sering lakukan. Setelah itu, berikan arahan tentang kegiatan yang dilakukan oleh Anda sehingga Ia mengerti.

2. Stimulasi lingkungan

Sangat penting untuk memberikan anak kebebasan untuk dapat melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini tentu bisa menstimulasi sang anak dalam menentukan bakat dan potensinya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.