Berita Nasional Terpercaya

Inilah 4 Hal yang Harus Disiapkan ketika Pelajar Indonesia akan Belajar di Kanada

0

HarianBernas.com – Negara Kanada yang mempunyai lambang daun maple di benderanya ini dikenal sebagai negara yang sangat aman untuk ditinggali. Oleh karena itu, banyak pelajar Indonesia ingin dapat bersekolah di tempat ini. Selain itu, Kanada juga terkenal sebagai negara yang ramah dengan imigran di seluruh dunia, berbagai kebudayaan diterima dengan sangat baik di negara ini

Pelajar Indonesia memilih untuk menempuh pendidikan di Kanada karena mutu pendidikan yang tinggi dan juga diakui secara internasional dan didukung penuh oleh pemerintah Kanada di dalam bentuk dana. Selain itu, mendapatkan kesempatan permanent residence setelah lulus lebih besar di Kanada jika dibandingkan dari negara lain. Negara inipun terkenal sebagai negara yang penuh dengan keindahan alamnya yang sangat bervariasi.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Untuk Anda yang ingin dapat menempuh pendidikan di negara kelahiran Justin Bieber ini, maka ada baiknya memperhatikan empat ketentuan belajar di Kanada.

1. Visa pelajar

Visa pelajar harus dimiliki oleh pelajar internasional sebagai izin tinggal dan belajar di Kanada. Pada awalnya entry visa akan diberikan sebagai izin masuk, kemudian setelah sampai di Kanada pelajar akan diberikan study permit sebagai tanda izin tinggal sementara di Kanada dengan memakai status pelajar.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

2. Akomodasi

Kebanyakan sekolah di Kanada memberikan penawaran berbagai pilihan serta kemudahan untuk tempat tinggal para pelajar internasionalnya. Tetapi pilihan homestay adalah pilihan yang sangat tepat untuk para pelajar internasional yang ingin dapat memperbaiki bahasa Inggris dan atau Prancis mereka. Selain itu bisa merasakan lingkungan dan situasi yang ramah serta bersahabat dari para host family.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

3. Kerja Sambilan

Pada saat ini, visa pelajar yang baru dikeluarkan untuk pelajar internasional yang melanjutkan kuliah di Universitas Negeri akan langsung mempunyai izin bekerja baik itu di kampus ataupun di luar kampus.

Pelajar full time dan tanggungannya atau student dependent bisa mengambil kerja sambilan paling banyak 20 jam di setiap minumnya selama masa kuliah dan juga bekerja secara penuh waktu selama 40 jam di waktu masa liburan.

Standar gaji minimum yang bisa didapatkan selama kerja sambilan adalah CAD 10 perjam. Setelah lulus dari program akademis maka siswa akan memperoleh kesempatan bekerja di Kanada sampai dengan 3 tahun.

Sebagai contohnya, jika masa studi program akademisnya 4 tahun maka ada kesempatan untuk bekerja ialah 3 tahun. Jika masa studi 2 tahun maka kesempatan kerja tetap 3 tahun. Namun untuk program studi yang hanya 1 tahun maka kesempatan kerjanya pun hanya satu tahun.

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

4. Co-op

Jika Anda melanjutkan pendidikan di Kanada maka bisa memperoleh kesempatan untuk mengikuti program co-operative education atau seringkali dikenal dengan nama co-op. Co-op menjadi program dimana siswa akan diberikan kesempatan untuk dapat bekerja selama beberapa periode di bidang yang dipelajarinya saat perkuliahan.

Durasi Co-op pun sangat bervariasi, Anda bisa magang selama satu semester penuh kemudian melanjutkan kembali kuliah ataupun mengambil program ini selama beberapa kali sewaktu masa perkuliahan.

Adapun berbagai keuntungan dari program ini adalah perusahaan akan cenderung merekrut karyawan yang dahulunya telah mengikuti program co-op. Program ini juga memungkinkan mahasiswa untuk dapat menerapkan teori yang telah dipelajari sewaktu berada di kelas di dalam praktek kerja yang sesungguhnya. Di samping itu, siapa yang tidak ingin untuk bekerja sama dengan profesional serta memperluas jaringan pertemanan Anda?

Baca juga: 10 Universitas Negeri dan Swasta di Bandung serta Jurusannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.