Berita Nasional Terpercaya

Walaupun Tidak Ada Musim Dingin, Kota di Indonesia Ini Memiliki Suhu yang Rendah

0

HarianBernas.com – Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki iklim tropis. Oleh karena itu Indonesia memiliki suhu yang tergolong tinggi. Apalagi tingginya polusi udara di Indonesia membuat udaranya semakin lembab dan panas. Walaupun begitu, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kota di Indonesia yang suhunya dingin? Bahkan ketika Anda berkunjung ke salah satu kota di sini, Anda akan merasakan bagaimana rasanya suhu 0 derajat celcius. Berikut ini daftarnya.

1. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berastagi merupakan salah satu kawasan yang terletak di kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berastagi berada di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Ketika Anda berkunjung ke Berastagi, maka Anda akan merasakan udara yang sangat dingin. selain itu Berastagi juga merupakan sebuah daerah yang diapit oleh Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Sehingga jangan heran jika di sini Anda akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah lirik salah satu destinasi wisata di Berastagi yang cukup terkenal adalah Air Terjun Sikulikap.

Dari Berastagi, Anda bisa berkunjung ke Danau Toba dengan menempuh perjalanan selama satu setengah jam. Tidak hanya wisata alam saja, terdapat berbagai wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan seperti Desa Tongkoh dan Desa Lingga. Bagi Anda yang sangat suka dengan buah-buahan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Berastagi. Karena Berastagi merupakan daerah terbaik penghasil buah yang ada di Sumatera Utara.

2. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Apabila Berastagi berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, maka Ruteng terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Rupanya tidak hanya udara yang dingin saja yang menjadikan Ruteng istimewa, namun pemandangan kota seperti di Praha membuat kawasan ini istimewa. Di sini terdapat berbagai bangunan dengan gaya eropa. Bahkan Ruteng dinobatkan menjadi kota terindah di Indonesia yang ada di Manggarai. Ketika Anda berkunjung ke Ruteng, maka Anda akan sering menemukan area persawahan yang hijau.

Dari kejauhan, Anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan gunung. Apabila Anda merupakan pecinta sejarah, maka Anda bisa berkunjung ke Gua Liang Bua. Di gua ini pernah ditemukan sisa tulang manusia purba, homo floresiensis. Selain Gua Liang Bua, ada juga bisa berkunjung ke Desa Adat Compang. Di sini Anda akan menemukan rumah penduduk yang menggunakan jenis rumah tradisional.

3. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

Baturraden berada di ketinggian 980 meter diatas permukaan laut. Baturraden terletak di sebelah selatan gunung Slamet. Banyak orang tahu bahwa salah satu kota kecil yang cukup terkenal di Purwokerto adalah Baturraden. Karena letaknya di ketinggian, hal ini membuat ketika siang hari Anda tidak akan merasakan hawa panas. Anda akan merasakan hawa yang benar-benar sejuk walaupun matahari bersinar.

Ketika malam tiba, Anda harus bersiap-siap karena biasanya udaranya cukup dingin. Air terjun pancuran pitu dan air terjun pancuran telu, merupakan destinasi wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Baturraden. Andajuga bisa mampir ke kaloka widya mandala yang merupakan destinasi wisata edukasi dengan berbagai satwa yang berasal dari seluruh dunia.

4. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia merupakan sebuah kota kecil yang ada di kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kota ini berada di ketinggian 2448 meter diatas permukaan laut. Walaupun merupakan kota kecil, Mulia sudah terlihat ramai dengan banyaknya kantor pemerintahan yang berdiri dipinggir jalan. Walaupun jumlah infrastruktur pendukung masih sedikit, namun sudah mampu memfasilitasi masyarakat yang ada. Bahkan banyak jalan di kota ini yang sudah diaspal. Terdapat satu bandara kecil di kota Mulia. Namun pesawat yang bisa berada di sini hanyalah pesawat jenis caravan. Sehingga untuk menuju ke kota Mulia, Anda bisa mendarat di Jayapura, dan naik pesawat ke kota Mulia.

5. Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat

Padang Panjang merupakan sebuah daerah yang berada di ketinggian 950 meter diatas permukaan laut. Uniknya padang panjang dikelilingi oleh tiga gunung yaitu Gunung Singgalang, Gunung Merapi, dan Gunung Tandikat. Sehingga tidak heran apabila udara di Padang Panjang cukup dingin. Anda tidak akan merasa kepanasan ketika berkunjung ke Padang Panjang. Namun Padang Panjang memiliki curah hujan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Suhu terendah yang pernah ada di Padang Panjang adalah 21,8 derajat celcius.

Leave A Reply

Your email address will not be published.