Berita Nasional Terpercaya

PARIWISATA, Harta Karun Yang Belum Tergali

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Indonesia memiliki keindahan alam yang mempesona, namun tidak semua orang menyadarinya. Sejak tahun 2010, Sido Muncul melalui promosi produk-produk andalannya, selalu menampilkan pesona kekayaan wisata nusantara. 

” Saya ingin membantu pengembangan sektor pariwisata nusantara,” ujar Irwan Hidayat, Presiden Direktur PT. Sido Muncul kepada Harian Bernas saat ditemui di Pelem Golek, Jalan Palagan, Sleman. 

Menurutnya, sektor pariwisata indonesia masih tertinggal jauh dari Singapura dan Malaysia. Padahal Indonesia memiliki keindahan alam yang mempesona. 
“Melihat potensi pertumbuhan pariwisata, pada tahun 2010 saya mencoba memodifikasi iklan produk-produk kami. Dalam iklan tersebut, kami tidak hanya menonjolkan produk, tetapi juga memasukkan unsur pariwisata ke dalamnya. Berangkat dari Indonesia bagian timur, kami menunjukkan keindahan alam yang mungkin orang Indonesia sendiri belum tahu. Labuan bajo, Papua dan Sumbawa, misalnya, tempat itu kurang populer, namun memiliki potensi wisata yang tidak kalah dari Bali, ” imbuh pria yang dikenal ramah ini.

Selain, fokus mempromosikan pariwisata di wilayah timur, Irwan juga turut berperan aktif dalam pengembangan wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ia mengaku tengah menyiapkan sarana pariwisata di Semarang yang meliputi: hotel, museum, taman wisata dan lokasi pabrik yang terbuka bagi wisatawan. Hingga saat ini, pabrik Sidomuncul telah berhasil menyerap sekitar 8 ribu wisatawan per bulan. 

” Apabila ada tol yang menghubungkan Yogyakarta dan Semarang, perjalanan Yogya-Semarang akan lebih cepat. Pastinya ini akan menguntungkan buat Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ketiga kota: Yogyakarta, Solo dan Semarang akan menjadi tujuan wisata yang menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan,” kata penerus Sido Muncul generasi ketiga itu.

Meningkatnya sektor pariwisata, akan dibarengi dengan meningkatnya penyerapan peluang  usaha di bidang jasa. Pemandu Wisata, Penyewaan Kendaraan, Tour &Travel dan Penginapan menjadi hal yang wajib untuk ditingkatkan. Sehingga mampu menciptakan peluang usaha yang signifikan bagi warga Yogyakarta dan Jawa Tengah. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, tentunya akan semakin meningkatkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. 

“Jika pariwisata berkembang pesat, kegiatan yang bersifat mengekploitasi mungkin bisa dikurangi, dan pemeliharaan alam bisa meningkat. Sehingga menurut saya, target pemerintah yang menargetkan 10 juta wisatawan per tahun ini masih kurang, harusnya 25 juta. Untuk itu, sektor pariwisata harus digenjot sungguh  karena sektor ini akan sungguh-sungguh mampu memberi hidup bagi masyarakat dan kelestarian alam,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.