Berita Nasional Terpercaya

4 Tips Praktis Menggunakan Kamera Smartphone di Bawah Air

0

HarianBernas.com-Anda pasti pernah melihat berbagai foto keren yang diunggah oleh para travel blogger atau backpacker ketika melakukan diving atau menyelam di dalam air. Di dalam air, mereka bisa tampak tengah asik melihat berbagai karang, ikan, dan hewan lainnya, serta bisa langsung melakukan pemotretan.

Jika diperhatikan dari beberapa foto yang diunggah, Anda bisa melihat jika hasil foto tersebut berbeda-beda. Perbedaan tersebut sebenarnya sangat bergantung dengan siapakah mereka mengambil foto tersebut, apakah seorang fotografer andal atau masih pemula?

Memang betul kualitas kamera yang dipakai juga dapat mempengaruhi kualitas foto yang diambil. Meskipun begitu, Anda sebenarnya masih dapat memakai kamera smartphone untuk melakukan pemotretan di bawah air. Jika memang pandai di bidang fotografi, hasil fotonya kemungkinan akan baik. Lantas, bagaimanakah dengan orang yang masih belum terlalu andal dalam memotret foto di bawah air? Inilah beberapa tips praktis yang dapat ditiru ketika sedang liburan, yaitu:

Harus pandai berenang

Ketika Anda berniat untuk mengambil foto di bawah air, keahlian berenang wajib dimiliki. Tentu saja, berenang akan bermanfaat untuk dapat mengantisipasi berbagai hal yang tidak diharapkan terjadi. 

Jangan sampai ketika sedang melakukan pengambilan gambar di dalam air, tiba-tiba Anda tenggelam karena tak dapat berenang. Keahlian berenang adalah hal yang sangat disarankan ketika hendak mengambil gambar atau foto di dalam air, Selain itu, lengkapi diri dengan perlengkapan menyelam supaya dapat mengambil gambar lebih maksimal di lautan yang lebih dalam.

Selain itu, ketika mahir berenang, Anda bisa melakukan gerakan lebih cepat untuk dapat mengambil foto yang banyak. Hal itu dibutuhkan karena tak semua smartphone dapat bertahan lama di dalam air sehingga mau tidak mau harus lincah dalam berenang agar dapat mengambil banyak foto dari berbagai sudut.

Tentukanlah tempat lokasi pengambilan gambar

Sebelum memberanikan diri mengambil foto di dalam air, pastikanlah terlebih dahulu kondisi dari air tersebut. Carilah lokasi yang airnya mempunyai berkualitas baik dan bersih. Tentu saja, tidak akan menarik jika airnya tidak jernih karena kotor atau keruh karena foto yang dihasilkan akan terlihat buram.

Di samping itu, perhatikan pula kedalaman dari air. Ketika sedang merasakan asiknya mengambil gambar, bisa saja ternyata telah berada di lokasi yang sangat dalam. Tentu saja, hal tersebut sangat tidak aman untuk beberapa smartphone yang tak mempunyai daya tahan cukup lama di dalam air.

Pakailah smartphone yang tahan terhadap air

Jika ingin dapat memotret di bawah air dengan menggunakan smartphone, Anda pastinya membutuhkan smartphone yang tahan terhadap cairan ditambah tahan banting pula. Jika smartphone tidak tahan terhadap air, sebenarnya tetap bisa memakainya, tapi menggunakan pelindung yang tahan air (waterproof casing). Namun, ketika menggunakan waterproff casing, kualitas dari foto pun tidak terlampau baik. Untuk itu, akan lebih baik jika memakai smartphone yang tahan air.

Mengambil foto sebanyak mungkin

Ada beberapa jenis smartphone yang tak dapat bertahan lama jika berada di dalam air. Karena adanya keterbatasan waktu tersebut, sebaiknya Anda mengambil jepretan foto sebanyak mungkin sebelum waktu smartphone bertahan di dalam air habis. Hal tersebut harus dilakukan supaya Anda bisa memilih dari berbagai foto tersebut.

Itulah empat tips praktis untuk dapat mengambil foto ketika berada di bawah air. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.