Berita Nasional Terpercaya

PR Besar! Ternyata Hanya 10 Persen Lulusan SMK yang Lanjut Kuliah

0

HarianBernas.com – Terdapat tiga peluang yang didapat oleh para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu bekerja, berwirausaha, serta menempuh pendidikan ke Perguruan Tinggi. Ternyata menurut Direktur SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaghfirin Amin menyebutkan jika hanya 10 persen lulusan SMK yang melanjutkan kuliah. Sedangkan 90 persen lainnya memilih untuk bekerja di bidang industri.

Menurut Mustaghfirin, Siswa SMK selama ini memang dipersiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan industri. Sedangkan lulusan SMK yang melanjutkan perguruan tinggi biasanya berada di jurusan kelautan, peternakan dan pertanian.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia  

Maka dari itu Kemendikbud melakukan berbagai upaya menambah jumlah lulusan SMK untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu dengan memperdalam mata pelajaran yang diujikan dalam seleksi masuk PTN.

Cara yang dilakukan dalah menambah jam belajar untuk mata pelajaran Matematika serta Bahasa Inggris. Sebisa mungkin jumlah waktu belajarnya sama dengan SMA, selain itu buku pedomannya pun harus sama.   

Ia pun menambahkan jika SMK juga harus bisa mendorong prestasi serta Uji Kompetensi Siswa. Tentu saja hal itu disesuaikan dengan minat siswa agar dapat menempuh pendidikan di PTN.

Terlebih lagi, M Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan menyebutkan jika minimnya kualitas pendidikan di SMK karena adanya faktor infrastruktur dan juga masih sedikitnya jumlah tenaga pendidik yang ada di bidang vokasi.

Hanif menambahkan jika dalam rangka meningkatkan siswa SMK maka diperlukan adanya akses ke Balai Latihan Kerja (BLK). Tentu saja hal itu untuk dapat menunjang pelatihan serta praktik kejuruan siswa.

Karena permasalahan saat ini, banyak lulusan SMK yang ternyata tak bergerak di kompetensinya sewaktu sekolah. Selain itu diperlukan juga berbagai pelatihan yang dapat meningkatkan standar lulusan sesuai standar internasional.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.