Berita Nasional Terpercaya

4 Gejala Ini Menandakan Anda Pribadi yang Mudah Merasa Panik

0

HarianBernas.com – Setiap orang tentu memiliki reaksi tersendiri ketika mereka menghadapi kesulitan atau berbagai hal yang terjadi di luar kendalinya. Biasanya, orang-orang akan menjadi panik ketika dihadapkan dengan situasi ini. Pada dasarnya, reaksi ini merupakan bentuk dari kegelisahan dan kecemasan. Anda tidak siap untuk menghadapi sebuah situasi yang terjadi diluar kendali. Anda pun menjadi takut akan berbagai hal, termasuk takut tidak bisa menyelesaikan hal tersebut secara maksimal.

Apabila kepanikan ini dirasakan sesekali, ini adalah hal yang manusiawi. Namun, apabila kepanikan ini muncul terus-menerus, bahkan mampu membuat tubuh merasa tidak nyaman secara fisik maupun psikis, Anda perlu mewaspadai hal yang satu ini. Serangan panik yang terjadi dalam diri Anda sudah termasuk dalam kategori yang cukup mengkhawatirkan. Anda memerlukan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi serangan panik ini.

Tahukah Anda bahwa serangan panik mampu membuat kejiwaan seseorang menjadi terganggu? Untuk itu, ketika mengalami rasa panik, Anda harus mengetahui apakah rasa panik itu masih berada dalam kategori aman atau sudah berada dalam kategori yang mengkhawatirkan. Berikut ini, berbagai hal  yang akan terjadi jika Anda mudah merasa panik dalam suatu situasi tertentu seperti yang dilansir dari Washington Post, yaitu:

1. Sulit untuk Beradaptasi dengan Lingkungan Sekitar

Beberapa dari Anda, mungkin tidak siap untuk menghadapi ketidakpastian atau perubahan dalam suatu hal. Konsekuensi baru yang harus diterima jika mengalami hal ini adalah Anda sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitar. Ketika dihadapkan oleh suatu situasi yang ada di luar pengetahuan, skenario, dan persiapan, Anda ingin segera mengakhiri situasi ini dan kembali ke jalan yang normal.

Anda pasti juga merasa asing ketika harus menjalani hal yang bukan menjadi keahlian Anda. Ketika merasa asing pada sebuah situasi, Anda akan memilih untuk menutup pikiran dan mata Anda. Rasa nyaman pada situasi sebelumnya membuat Anda enggan untuk mencoba pengalaman baru. Padahal, ketika Anda mencoba berbagai hal yang baru, Anda akan mendapatkan pengalaman yang baru pula, yang bermanfaat bagi hidup Anda nantinya.

2. Mempunyai Fobia

Ketika memiliki rasa takut yang berlebihan, Anda tidak memiliki motivasi untuk terus berkembang dan terus maju. Secara tidak langsung, Anda sudah membangun dinding yang sangat tebal yang mampu membuat Anda menjadi takut akan berbagai hal. Keberanian yang Anda miliki tiba-tiba luntur begitu saja. Ada berbagai hal yang menyebabkan hal itu terjadi seperti ruangan yang sempit, kegelapan, ketinggian, dan hewan kecil. Fobia menjadi salah satu penyakit jiwa yang membutuhkan penanganan dengan segera.

3. Terlalu Perfeksionis

Anda sangat terobsesi pada kesempurnaan. Apabila mengalami hal yang satu ini, Anda akan mengalami kerugian sendiri. Tujuan utama yang sebenarnya lebih penting adalah Anda abaikan untuk mengurus berbagai hal yang tidak penting dan sangat kecil. Membuatnya menjadi suatu hal yang sempurna, teratur, dan sesuai dengan keinginan Anda merupakan hal yang harus Anda lakukan. Perfeksionis erat kaitannya dengan kompulsif dan obsesif.

4. Sulit untuk Fokus

Perubahan bisa terjadi kapan pun. Perubahan tidak memandang, apakah Anda siap pada suatu hal atau tidak. Dalam hal inilah dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi untuk membuat Anda tetap bisa menguasai diri Anda. Dalam berbagai situasi, Anda dituntut untuk tetap tenang dan cepat untuk mencari solusi dan beradaptasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.