Berita Nasional Terpercaya

6 Tips Mahir Fotografi dengan Smartphone

0

HarianBernas.com – Baru-baru ini, fotografi menjadi salah satu fenomena yang sedang digandrungi oleh generasi muda, termasuk juga Anda. Mulai dari foto pemandangan ketika berlibur, foto makanan, sampai foto selfie menjadi hal yang wajib bagi Anda untuk diunggah di media sosial.

Namun sayang, beberapa orang masih merasa minder dengan kemampuan fotografi mereka. Alasannya karena foto yang diunggah hanya berasal dari kamera smartphone. Padahal dengan menerapkan tips yang tepat, hasil foto melalui kamera smartphone dapat pula membuat orang berdecak kagum.

Berikut ini beberapa tips mahir fotografi dengan smartphone, seperti yang dirangkum dari Techno Tech.

1. Perhatikan pencahayaan

Tips Mahir fotografi dengan smartphone yang pertama yaitu dengan memperhatikan pencahayaan. Pencahayaan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk objek foto, sehingga Anda harus dapat memastikan bahwa kondisi cahaya pada objek yang ingin anda foto memiliki pencahayaan yang cukup. Kondisi cahaya pada saat siang dan malam hari akan sangat mempengaruhi hasil foto.

2. Angle yang tepat

Tips mahir fotografi dengan smartphone yang ke dua yaitu dengan memperhatikan Angle yang tepat. Jangan selalu menggunakan angle yang monoton dan terlihat membosankan, hal tersebut akan menyebabkan hasil foto Anda tampak biasa saja. Cobalah untuk bereksplorasi dengan menggunakan angle dan juga background foto yang unik. Seperti misalnya anda mengambil foto dari angle atas dengan menggunakan background di tengah kerumunan orang.

3. Jangan gunakan Zoom, mendekatlah ke objek foto

Tips Mahir fotografi dengan smartphone yang ketiga yaitu dengan tidak menggunakan fitur Zoom dan mendekatlah ke objek foto. Kamera pada ponsel cenderung memperkecil objek foto, judi selalu usahakan supaya Anda memotret dari jarak yang cukup hingga keseluruhan objek dapat memenuhi frame tanpa harus menggunakan fitur Zoom. Fitur Zoom akan membuat resolusi foto Anda secara keseluruhan menjadi menurun dan membuat foto menjadi tidak tajam.

4. Pilih kamera smartphone tepat

Tips Mahir fotografi dengan smartphone yang keempat yaitu dengan memilih kamera smartphone yang tepat. Pemilihan kamera smartphone tak boleh anda remehkan, karena setiap smartphone mempunyai spesifikasi kamera yang berbeda. Supaya hasil foto yang anda peroleh tampak sempurna, pastikan bila smartphone yang Anda gunakan telah mempunyai fitur kamera yang mumpuni dan teknologi kamera yang mutakhir.

5. Pegang smartphone dengan stabil

Tips Mahir fotografi dengan smartphone yang kelima yaitu dengan memegang smartphone secara stabil. Semakin stabil kamera maka akan semakin bagus pula foto yang Anda ambil. Jadi selalu usahakan supaya tangan Anda tenang ketika mengambil foto.

Jika perlu, Anda dapat memanfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran smartphone Anda, seperti misalnya tembok, pohon, foto menggunakan tripod sehingga dapat membantu kestabilan tangan Anda ketika mengambil foto dengan menggunakan smartphone.

6. Pilih resolusi tertinggi

Tips Mahir fotografi dengan smartphone yang keenam yaitu dengan memilih resolusi kamera yang tertinggi. Resolusi tertinggi berarti foto yang Anda hasilkan nantinya mempunyai detil yang lebih banyak dan dapat dicetak lebih besar. Apabila kamera smartphone Anda memberikan pilihan resolusi, maka pilihlah resolusi tertinggi. Namun perlu Anda ketahui, bahwa resolusi yang tinggi juga menandakan ukuran file hasil foto Anda menjadi lebih besar.

Hal inilah yang biasanya menjadi pertimbangan bagi pengguna kamera smartphone dengan kapasitas memori yang terbatas, atau misalnya ketika foto akan dikirim maka akan memerlukan waktu transfer yang lebih lama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.