Berita Nasional Terpercaya

Bisa Jadi Anak Tak Fokus Belajar Karena 4 Kesalahan Dalam Penataan Ruang Ini

0

HarianBernas.com ? Pada saat masih kecil, anak memang sangat mudah untuk dialihkan perhatiannya, terlebih ketika Ia belajar. Karena ada gangguan kecil yang orangtua tak menyadarinya, Ia pun menjadi tidak fokus dan lupa akan tugas belajar yang harus dikerjakannya.

Kemungkinan yang dapat merusak fokusnya adalah ruangan yang tak nyaman serta penuh dengan berbagai gangguan. Selain itu, ada 4 hal lain yang menyebabkan anak tak dapat belajar dengan fokus yang penuh:

1. Tak mempunyai meja belajar

Sediakanlah meja belajar di dalam ruangan si kecil, jika ternyata ruangan belajarnya juga merupakan kamar tidurnya maka orangtua harus bisa meyakinkan jika tempat tidur hanya dipakai untuk beristirahat.

Pakailah meja kecil dengan rak dari dinding yang terdapat di atasnya jika tidak mempunyai rungan yang lebar. Tetapi jika tak bisa memperolehnya maka pakailah meja kecil yang dapat dilipat untuk menghemat ruangan.

2. Penerangan yang tidak memadai

Selalu pastikan jika sang anak memperoleh pencahayaan yang cukup terang sehingga matanya tak mudah lelah.

3. Rak yang terbuka

Jangan membeli atau memasukkan rak yang terbuka di ruang belajarnya. Dengan rak model itu, sang anak dapat dengan mudah melihat berbagai barang di dalamnya dan itulah yang menyebabkan Ia tak fokus dalam belajar.

Sebaiknya gunakanlah rak yang tertutup untuk dapat menyimpan mainan yang dimilikinya atau taruhlah di dalam kardus sehingga Ia tak mudah tergoda.

4. Dekorasi ruangan yang terlampau ramai

Gambar dekorasi yang sangat ramai dengan berbagai warna terang tentu akan dapat menarik perhatian sang anak untuk lebih kreatif, tetapi untuk penempatan meja belajar sendiri sebaiknya berada di ruangan dengan dinding yang lebih polos sehingga Ia dapat lebih fokus di dalam belajar. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.