Berita Nasional Terpercaya

Nggak Bisa Masak? 5 Masakan Ini Wajib Kamu Kuasai Biar Nggak Malu-Maluin

0

HarianBernas.com – Zaman sekarang bukan lagi hal yang aneh jika anak muda tidak bisa memasak. Karena memang zaman sekarang semuanya serba mudah, mau cari makan pun tinggal pesan antar, beres. Sehingga skill memasak jarang diasah.

Namun ada beberapa situasi atau momen yang mengharuskan kalian terlibat dengan bumbu dan alat dapur. Misalkan saka ketika camping, naik gunung, atau saat gebetan sedang rewel minta dimasakin sesuatu. 

Tentu hal ini akan menjadi benca jika ternyata masakan yang kamu racik rasanya tidak karuan. Nah, untuk mengatasi situasi dan momen yang tidak terduga ketika harus terlibat dengan bumbu dan alat dapur, berikut ini ada beberapa jenis masakan yang harus kamu kuasai agar bisa menyelamatkan dari dari rasa malu.

1. Tumis Kangkung

Masakan ini merupakan salah satu jenis masakan paling sederhana dan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis kangkung adalah kangkung, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula pasir,merica bubuk, micin, minyak goreng, sedikit air.

Untuk membuatnya, panaskan minyak goreng secukupnya, masukan potongan cabai, bawang merah, bawang putih, tumis hingga harum, masukan kangkung, dan sedikit air. Setelah itu masukan bumbu dapur seperti, garam, gula, micin, merica, dan kecap secukupnya.

Jika kalian benar-benar tidak bisa meracik bumbu, dan takut rasa masakan tidak enak. Salah satu cara menyembunyikan rasa adalah dengan rasa pedas dan asin. Cukup diberi banyak-banyak potongan cabai dan garam yang cukup masakan kamu tidak akan terlalu memalukan.

2. Cobalah Memasak Mie Instan Dengan Baik dan Benar

Siapa yang tidak kenal dengan mie instan produk Indonesia, mie instan Indoensia bahkan sudah terkenal hingga seberang benua. Nah, meski mie instan sangat dekat dengan kehidupan kita, namun apakah kalian sudah memasaknya dengan baik dan benar?

Meski terlihat sepele, namun ini perlu diperhatikan. Jika kalian membuat mie instan, perhatikan panduan pembuatannya agar tidak memalikan. Jika kalian membuat mie instan rebus, jangan sampai kebanyakan air, karena rasa bumbu mie pasti tidak akan sedap, atau juga terlalu asin karena airnya terlalu sedikit. Perlu diingat bahwa bumbu mie instan rebus ada takaran airnya.

Nah, sedangkan untuk membuat mie goreng, jangan sampai ada kandungan airnya saat dihidangkan. Namanya juga mie goreng, malu-maluin kan kalau ada kuahnya. Selain itu, saat merebus jangan terlalu empuk, tekstur kematangan mie harus diperhatikan, karena ini adalah kunci dari membuat mie goreng instan.

4. Sambal Bawang

Karena kalian hidup di Indonesia, ada baiknya kalian belajar membuat sambal yang baik dan enak. Kenapa? karena mayoritas masyarakat di Indonesia menyukai rasa pedas, itulah kenapa banyak warung sambal di Indoensia ini mempunyai banyak pelanggan.

Nah, sambal yang paling sederhana adalah sambal bawang. Sambal yang masuk dalam kategori sambal mentah ini, cara pembuatannya sangat sederhana. Kamu hanya perlu cabai, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Perlu diperhatikan, meski namanya adalah sambal bawang, namun jangan terlalu banyak memberikan campuran bawang. Secukupnya saja. Karena jika terlalu banyak bawang, rasa sambal justru akan terasa tidak enak, kalau orang Jawa bilang 'getir'.

Sambal bawang ini, biar cuma alakadarnya namun bisa menyelamatkan masakanmu dari rasa malu. Karena bagi pecinta rasa pedas, sambal adalah segalanya, bahkan lebih penting daripada lauk yang mereka makan.

5. Nasi Goreng

Masakan ini merupakan salah satu yang paling populer di Indoensia. Cara pembuatan nasi goreng pun sangat sederhana. Kamu hanya membutuhkan nasi, bawang merah, bawang putih, telur, cabai, garam, penyedap rasa, merica, kecap manis dan sedikit minyak goreng.

Cara memasaknya, panaskan sedikit minyak goreng, tumis potongan bawang putih, bawang merah, dan cabai. Tumis hingga harum, kemudian masukan telur, tunggu hingga setangah matang. Setelah itu baru masukan nasi, goreng hingga sedikit kering. Baru kemudian masukan bumbu, garam, merica, penyedap rasa, dan kecap manis. Tumis hingga bumbu tercampur.

Cukup mudah, kan. Nah, untuk campuran nasi goreng, bisa kalian coba-coba sendiri. Bisa menggunakan bakso, sosis, kornet, atau keju. Sesuai selera.

Nah, beberapa jenis masakan di atas, merupakan teknik paling sedarhan. Kalian bisa mencobanya agar tidak malu-maluin saat harus memasak untuk orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.