Berita Nasional Terpercaya

Megapiksel Bukanlah Segalanya, Ternyata Ini Faktor yang Lebih Menentukan Kualitas Foto

0

HarianBernas.com – Seiring berkembangnya tren teknologi mobile first, telah banyak teknologi lain yang diadaptasikan dalam sebuah smartphone, salah satunya yaitu kamera. Apakah Anda termasuk orang yang suka mengabadikan foto dengan menggunakan smartphone untuk selanjutnya di-upload ke Instagram atau media sosial lainnya?

Jika iya, tentunya Anda pernah memperhitungkan besarnya megapiksel lensa kamera dari suatu smartphone bukan? Namun, tahukah Anda bahwa besarnya megapiksel pada lensa kamera bukanlah segalanya dalam menentukan kualitas hasil jepretan Anda?

Bagi Anda yang eksis di media sosial tentunya akan merasa sangat puas apabila foto yang Anda upload di Instagram banyak mendapat like dari orang. Supaya foto yang Anda upload mempunyai hasil yang yang apik, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ketika akan memilih smartphone.

Berikut ini beberapa faktor yang lebih menentukan kualitas foto, seperti yang dilansir dari Jalan Tikus.

Sensor

Faktor yang lebih menentukan kualitas foto yang pertama yaitu sensor. Sensor yang dibawa oleh kamera smartphone mempunyai peran yang lebih penting dibandingkan dengan besarnya megapiksel. Semua megapiksel diharuskan untuk masuk ke dalam sensor, maka apabila urusan sensornya krcil, maka megapiksel yang diusungnya harus kecil pula.

Apabila megapiksel kamera yang dibawa tak sesuai dengan ukuran sensornya, maka foto yang nantinya dihasilkan akan penuh dengan noise atau gradasi. Contohnya seperti, kamera smartphone dengan resolusi 12MP, fotonya dapat lebih baik dibandingkan kamera dengan resolusi 20MP apabila ternyata smartphone tersebut memiliki ukuran sensor yang sama.

Resolusi (Megapiksel)

Faktor yang lebih menentukan kualitas foto yang kedua yaitu Resolusi (megapiksel). Promosi yang ditawarkan oleh suatu vendor benar-benar berhasil berkaitan dengan hal yang satu ini. Banyaj orang yang percaya bahwa semakin besar megapiksel dari suatu lensa kamera, maka hasil fotonya juga ajan semakin apik.

Padahal sebenarnya megapiksel hanyalah sekumpulan piksel yang mampu ditampilkan oleh kamera smartphone. Semakin besar ukuran megapiksel dari suatu kamera, maka akan semakin besar pula ukuran foto tersebut untuk dapat dicetak. Tapi, pada kualitas foto, megapiksel hanyalah sebuah angka.

Autofocus

Faktor yang lebih menentukan kualitas foto yang ketiga yaitu Autofocus. Akan terasa sia-sia apabila Anda mempunyai kamera dengan megapiksel yang tinggi namun tak dibekali pula dengan autofokus yang baik. Kamera yang dibekali dengan fitur autofokus dapat menghasilkan foto yang lebih tajam dibandingkan dengan kamera yang hanya mempunyai teknologi fixed focus.

Masih berhubungan dengan autofocus, sebaiknya Anda juga mencari smartphone yang memiliki kamera berbekalkan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto yabg baik tanpa harus merasa khawatir kamera goyang sehingga mebghasilkan gambar yang buram.

Lensa (Aperture)

Faktor yang lebih menentukan kualitas foto yang keempat yaitu Lensa (Aperture). Untuk semakin meningkatkan eksistensi Anda di media sosial, sangat wajib bagi Anda untuk menghasilkan foto yang apik bukan? Maka ketika membeli smartphone, selalu perhatikan jenis lensa yang Anda bawa. Kualitas lensa menentukan chaaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar.

Apabila Anda merupakan seorang yang suka mengabadikan gambar pada malam hari, maka wajin bagi Anda untuk memilih smartphone yang mempunyai bukaan lensa/aperture besar. Kamera smartphone yang mempunyai ukuran f/1.7 dapat menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan dengan f/1.8, sehingga akan membuat pengalanab foto saat malam hari semakin memuaskan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.