Berita Nasional Terpercaya

Tips Jika Anda Mengajak Si Kecil Untuk Bermain Di Taman Bermain Umum

0

HarianBernas.com – Waktu untuk bersenang-senang ataupun untuk bermain menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh setiap anak. Salah satu kegiatan yang mereka sukai tentu saja bermain bukan belajar. Beberapa dari Anda mungkin memanfaatkan taman bermain umum sebagai salah satu sarana untuk memfasilitasi tempat bermain si kecil.

Anda mungkin merasa tidak tenang ketika harus membiarkan si kecil bermain di tempat bermain umum. Ada berbagai pemikiran yang masuk ke dalam otak Anda ketika membiarkan si kecil bermain dengan bebas di sana. Mungkin di tempat bermain itu ada berbagai permainan yang seru, namun membawa malapetaka bagi si kecil. Tentu saja ini menjadi khawatir and tersendiri bagi tiap orang tua.

Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan taman bermain umum yang ada di daerah tempat Anda tinggal. Namun pastikan Anda juga memperhatikan berbagai hal di bawah ini ketika mengajak mereka untuk bermain, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Memastikan bagaimana kebersihan dan keamanan dari taman bermain

Tidak hanya keamanan saja yang perlu diperhatikan namun juga kebersihan menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam taman bermain tersebut. Tentu saja akan timbul berbagai kekhawatiran tersendiri ketika taman bermain tersebut tidak memiliki keamanan yang sesuai dengan standar.

Sebelum membiarkan si kecil bermain di sana, pastikan Anda sudah melihat bagaimana kebersihan dan keamanan nya. Misalnya resiko tertimpa reruntuhan, perlindungan permukaan lantai, struktur penyangga dari wahana permainan, dan berbagai hal lainnya.

Apabila Anda membiarkan si kecil untuk bermain di lingkungan yang kotor, maka mereka akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Jangan sampai karena bermain di tempat bermain umum, anak menjadi terserang berbagai penyakit.

2. Tidak meninggalkan si kecil sendirian

Di zaman yang semakin modern ini, rasanya banyak tindak kriminal yang sering terjadi di kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah penculikan anak. Ketika Anda membiarkan si kecil untuk bermain di taman bermain umum, maka ia akan bertemu dengan berbagai orang baru.

Anda harus memperhatikan dan mengawasinya dari jauh ketika mereka berinteraksi dengan orang baru. Apabila interaksi yang dilakukannya berbahaya, tidak ada salahnya jika Anda menegur si kecil dan membawanya pergi.

3. Memberikan anak pakaian yang akan membuat nyaman untuk bermain

Apabila cuaca sedang panas, maka jangan pernah membiarkan si kecil bermain dengan menggunakan pakaian yang tebal dan berlengan panjang. Hal ini hanya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman untuk bermain bersama dengan teman-teman yang di tempat bermain umum.

Pastikan Anda memilih pakaian yang sesuai dengan cuaca yang ada. apabila cuacanya sedang panas, maka Anda bisa memberikan si kecil pakaian yang tipis dengan lengan panjang. Jangan lupa untuk mengoleskan lotion nyamuk dan krim tabir surya untuk melindungi kulit si kecil.

4. Memilih tempat bermain yang sesuai dengan usia si kecil

Perbedaan usia tentu memiliki perbedaan dalam hal pengeluaran energi. Ini menjadi salah satu prinsip yang harus dimengerti oleh Anda. Pastikan Anda memilih taman bermain yang sesuai dengan usia si kecil. Usia anak-anak dibagi menjadi empat tahap. Yaitu usia bayi, usia balita, usia anak-anak, dan usia pra remaja. Tentu saja masing-masing usia memiliki area permainan yang berbeda-beda.

Anak-anak yang usianya sudah tergolong usia anak-anak sampai para remaja kok ma maka mereka harus diberikan permainan yang mampu mengasah otak. Sedangkan bagi Anda yang memiliki anak berusia golongan bayi atau balita, maka Anda bisa memberikan berbagai permainan yang tidak berbahaya bagi mereka. Pastikan Anda memilih mainan yang sesuai dengan kondisinya. Hal ini akan mendukungnya untuk terus memiliki berbagai pengalaman baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.