Berita Nasional Terpercaya

Hal Ini Dicerminkan Anak Dari Orangtuanya (Bagian 1)

0

HarianBernas.com – Memiliki buah hati adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh semua keluarga. Rasanya adalah hal yang menyenangkan ketika Anda dan keluarga bisa memiliki keturunan. Anak-anak menjadi salah satu orang yang akan meniru hal yang dilakukan oleh orang tuanya. Bahkan sebelum mereka bisa berbicara pun, si kecil sebenarnya sudah mulai belajar untuk meniru aktivitas yang dilakukan oleh orangtuanya.

Apa yang mereka lihat akan mereka lakukan di masa depan. Walaupun mereka masih muda dan masih anak-anak, berbagai hal yang terjadi di sekitarnya akan dirasakannya dengan sangat sensitif. Sehingga, penting halnya untuk menjaga suasana yang kondusif di sekitar anak-anak. Tahukah Anda, bagaimana kejiwaan anak akan dipengaruhi oleh kedamaian hatinya. Pastikan anak memiliki ingatan yang baik tentang Anda.

Berikut ini adalah berbagai hal yang perlu Anda perhatikan sebagai orang tua agar bisa diserap oleh anak dengan baik, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Minta maaf

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sikap untuk mau minta maaf. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Seringkali mereka sadar akan kesalahan yang sudah dilakukannya namun enggan untuk minta maaf. Tahukah Anda, minta maaf menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang tua ketika mereka berbuat salah.

Ketika anak mendengar bahwa Anda berani untuk minta maaf, maka mereka akan meniru perbuatan Anda. Mereka juga akan berani untuk mengakui kesalahan yang sudah dibuatnya dan tidak malu untuk minta maaf. Sikap ini sangat penting untuk diajarkan pada si kecil sejak dini.

2. Tertawa bersama

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah tertawa bersama. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tertawa adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan. Walaupun terdengar sepele, ajaklah si kecil untuk tertawa bersama dengan Anda. Namun, jangan pernah menertawakan kekurangan yang dimiliki oleh anggota keluarga lainnya.

Anda bisa menertawakan kartun atau suatu hal yang lucu lainnya. Apabila Anda menertawakan kekurangan anggota keluarga atau seseorang, maka Anda sudah mengajarkan pada si kecil bahwa mengejek orang adalah hal yang boleh dilakukan.

3. Pentingnya agama dan budi pekerti

Hal ketiga yang harus Anda perhatikan adalah budi pekerti dan agama. Adalah hal yang penting untuk mengutamakan sopan santun dalam bertindak dan berbicara. Bahkan walaupun ada perbedaan pendapat antara anggota keluarga, penting halnya untuk disampaikan dengan komunikasi yang baik baik. Tidak perlu suasana yang tegang untuk menyampaikan pendapat yang berbeda di antara keluarga. Anda bisa membahas ajaran agama yang dianut pada si kecil mulai dari sekarang.

Jangan lupa untuk mempraktikkan hal tersebut bersama dengan mereka. Apabila Anda hanya memberitahu lewat mulut, ini tentu saja membuat si kecil tidak yakin pada hal yang dilakukannya. Lakukan hal tersebut bersamanya dan si kecil akan merasa bahwa ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan setiap hari.

4. Menghormati orang tua

Hal keempat yang harus Anda perhatikan adalah menghormati orang tua. Anak-anak tidak hanya tahu bahwa mereka masih memiliki nenek dan kakek. Namun, mereka juga harus mengetahui bahwa disini Anda juga berperan sebagai anak. Anda harus menghormati orang tua Anda atau nenek kakek mereka.

Ketika bertemu dengan nenek kakek, Andai bisa menyapanya dengan sopan sebagai ajaran untuk si kecil. Cobalah untuk menceritakan berbagai hal yang membuat Anda bangga memiliki orang tua seperti mereka. Ceritakan pula bahwa nenek dan kakek adalah salah satu hal yang sangat berharga dalam hidup Anda. Ini akan membuat si kecil menghormati nenek dan kakek dan akan menghormati Anda nantinya. Ia akan belajar bahwa menghormati orang tua adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.