Berita Nasional Terpercaya

4 Panduan Wajib saat Lakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri

0

HarianBernas.com –  Apakah Anda berencana untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri? Hal apakah yang diperlukan supaya perjalanan dinas ke luar negeri berjalan lancar dan apa saja panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri?

Memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri adalah salah satu pengalaman yang berharga. Ini juga merupakan salah satu tanda jika Anda telah dipandang sebagai orang yang dapat dipercaya di perusahaan.

Selain positif untuk jenjang karir Anda, momen ini dapat pula Anda manfaatkan untuk melakukan refreshing sesaat. Anda dapat berjalan-jalan sambil bekerja, asalkan jangan sampai mengganggu pekerjaan Anda.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, pasti hal ini sangat menyenangkan bagi Anda. Supaya perjalanan dinas di luar negeri dapat berjalan dengan lancar, Anda perlu menyimak beberapa panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri, seperti yang dikutip dari liputan6 berikut ini.

Jangan Membawa Terlalu Banyak Pakaian

Panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri yang pertama yaitu tidak membawa terlalu banyak pakaian. Sebisa mungkin, bawalah pakaian secukupnya atau dalam jumlah yang wajar. Anda juga perlu menyesuaikan pakaian yang anda bawa dengan berapa lama anda berada dan musim yang tengah berjalan di negara tersebut.

Anda akan menjadi kerepotan jika membawa terlalu banyak pakaian. Bahkan, bisa saja anda berpotensi terkena biaya kelebihan bagasi. Apabila memutuskan untuk menetap di luar negeri sekitar dua pekan, Anda dapat pula memanfaatkan jasa dari laundry hotel. Sebelum membawa terlalu banyak pakaian pikirlah dua kali terlebih dahulu.

Cari Informasi tentang Negara yang Akan Anda Kunjungi

Panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri yang kedua, yaitu mencari informasi tentang negara yang akan Anda kunjungi. Sebelum berangkat untuk melaksanakan dinas di luar negeri, Anda pastikan jika sudah mencari tahu mengenai informasi negara dan kota yang akan Anda kunjungi. Pelajari akses dan rute dari bandara tempat Anda tiba ke lokasi meeting atau penginapan yang telah ditentukan.

Jangan pasrah dan berpikir jika nanti Anda dijemput oleh seseorang. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di sana. Tentunya, Anda juga tidak ingin tersesat di negara orang dan kebingungan di sana bukan? Untuk itu, jangan malas untuk mencari tahu informasi yang lengkap.

Jangan Terlambat Datang ke Bandara

Panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri yang ketiga, yaitu tidak terlambat datang ke bandara. Jangan pernah menganggap sepele masalah keberangkatan pesawat. Datanglah ke bandara lebih awal jika memungkinkan 2 jam sebelum keberangkatan.

Proses pemeriksaan rute penerbangan domestik berbeda dengan penerbangan internasional, terutama dari segi waktu. Terlebih lagi, Anda harus mencari terminal keberangkatan yang biasanya ditutup 45 menit sebelum keberangkatan.

Paspor

Panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri yang keempat, yaitu membawa paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI dan menjadi identitas Anda selama anda berada di luar negeri. Ibaratnya paspor adalah KTP Anda selama tinggal di luar negeri. Anda harus selalu membawa paspor Anda di mana pun dan kapan pun.

Ketika naik pesawat, jangan menyimpan paspor Anda di koper yang nantinya akan dimasukkan ke bagasi. Bawalah tas kecil untuk menyimpan dompet dan juga paspor Anda.

Itulah beberapa panduan saat perjalanan dinas ke luar negeri. Lakukan panduan tersebut agar Anda aman dan nyaman saat melaksanakan tugas Anda di luar negeri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.