Berita Nasional Terpercaya

Aktivitas Sepele yang Sebenarnya Mampu Membuat Anda Boros Setiap Harinya

0

HarianBernas.com – Sekarang ini Anda sudah hidup di zaman yang serba cepat. Tidak hanya itu, rasanya berbagai hal bisa didapatkan dengan praktis sekarang ini. Inilah yang membuat Anda mulai memiliki kebiasaan untuk mendapatkan berbagai hal dengan sangat mudah.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya aktivitas sederhana ini membuat Anda lebih boros dalam hal keuangan. Apabila Anda menghitung tabungan Anda dengan benar-benar detail, maka Anda bisa melihat bahwa sebenarnya hal yang membuat Anda hidup boros adalah hal sepele yang seringkali tidak diperhitungkan. Apabila hal ini terjadi terus-menerus maka lama-kelamaan tabungan Anda akan habis.

Kira-kira apa saja yang sebenarnya sudah membuat tabungan Anda menipis? berikut ini adalah berbagai kegiatan sederhana yang secara tidak langsung membuat Anda hidup dengan boros, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Menggunakan tv kabel

Hal pertama yang membuat Anda mengalami pemborosan adalah Anda berlangganan tv kabel. Apabila dipikir dengan lebih terperinci, sebenarnya dengan berlangganan tv kabel akan membuat hidup Anda semakin boros. Hal ini dikarenakan semua serial dan acara tv yang ada dalam tv kabel bisa dinikmati secara online di internet.

Apalagi jika Anda sudah berlangganan internet di rumah. Tentu saja ini akan membuat hidup Anda semakin boros. Misalnya langganan tv kabel menuntut Anda untuk membayar Rp.500.000 setiap bulannya. Jika dikalikan dengan 12 atau dihitung per tahun, maka Anda sudah menghabiskan Rp.6.000.000 setiap tahun hanya untuk berlangganan tv kabel.

Mungkin jika Anda menyalakan tv kabel 24 jam terus-menerus, ini adalah harga yang wajar. Lalu, bagaimana jika Anda merupakan orang yang jarang di rumah? tentu saja uang sebesar ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya yang lebih berguna.

2. Membeli barang baru

Hal kedua yang membuat Anda mengalami pemborosan adalah Anda selalu mengincar barang baru. Apabila Anda memiliki uang yang lebih, jangan pernah memiliki pemikiran untuk langsung membeli barang tersebut. Hal ini hanya akan membuat keuangan Anda tidak stabil perlahan-lahan.

Cobalah untuk memikirkan apa kekurangan dan kelebihan dari barang yang akan Anda beli, dan bagaimana manfaat dari barang tersebut. Apabila Anda tidak memerlukan barang tersebut, cobalah untuk menahan hasrat untuk ingin membelinya.

Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli berbagai barang yang lebih dibutuhkan. Jangan membeli barang karena perasaan gengsi. Ini tidak akan menyelesaikan masalah keuangan Anda. Justru Anda akan jatuh semakin dalam pada jurang pemborosan.

3. Membeli minuman di gerai terkenal

Hal ketiga yang membuat Anda mengalami pemborosan adalah Anda selalu membeli minuman di gerai yang terkenal. Apalagi jika Anda adalah seseorang yang senang untuk pergi ke mall atau ke kedai kedai terkenal. Mungkin ketika Anda membelinya, harganya memang sangat murah.

Namun bagaimana jika Anda menghitung nya selama setahun? jumlah yang muncul dari perhitungan tidak bisa dibilang sedikit. Misalnya, Anda membeli segelas kopi seharga Rp.30.000. Anggap saja Anda pergi ke kedai terkenal setiap 3 kali dalam seminggu.

Maka dalam waktu sebulan Anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp.360.000. Bagaimana jika dikalikan 12, atau dihitung setahun? maka Anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp.4.320.000 hanya untuk membeli segelas kopi.

Padahal, Anda bisa mengkonsumsi segelas kopi dengan membuatnya sendiri di rumah. Biaya yang dihabiskan tentu saja tidak sebesar ketika Anda membeli kopi di kedai kopi yang terkenal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.