Berita Nasional Terpercaya

Kali Pertamanya Catwalk Peragaan Busana Digelar di Bandara

0

BANYUWANGI, HarianBernas.com ? Kali pertamanya Indonesia menggelar Festival Kebaya di salah satu terminal bandara. Festival ini dihelat di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Inilah satu-satunya terminal bandara berkonsep hijau di Indonesia.

Festival kebaya yang digelar selama dua hari Jumat-Sabtu (21-22 April) ini melibatkan 100 desainer kebaya. Para desainer ini menampilkan keragaman gaya kebaya mulai dari kasual, klasik, glamor, hingga kontemporer. Puluhan produk desain kebaya karya desainer asli daerah pun dipamerkan secara apik pada pagelaran ini.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas kebaya telah menjadi identitas nasional yang dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat. Tak mau membuang kesempatan, Banguwangi pun berinisiatif menjadi yang pertama mengangkat kebaya sebagai bagian dari produk kreatif selain batik.

“Kami ingin mendorong adanya kreativitas baru di Banyuwangi. Desainer lokal tidak hanya kami pacu untuk meningkatkan kualitas batik, tapi juga mendapatkan peluang bisnis baru lewat kebaya yang pangsa pasarnya sangat besar. Kaum perempuan kan setiap acara hampir pasti pakai kebaya, itu pasar yang sangat besar,” terang Anas usai gelaran Festival Kebaya di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jumat (21/4/17).

Pemerintah menggandeng Indonesian Fashion Chamber (IFC) sebagai mentor pendamping. Tak sampai di situ, workshop teknis pun sudah digelar dengan materi seputar desain, proses pembuatan kebaya, dan manajemen pemasaran produk. Acara Festival Kebaya Banyuwangi menampilkan ragam kegiatan menarik terkait kebaya, mulai dari exhibition, art installation, art performing, trunk show, dan fashion show

Hal ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk kebaya para desainer lokal. Pemda ingin terus membuka peluang bagi pelaku industri mode daerah.

?Kami ingin semua potensi Banyuwangi mendapatkan kesempatan untuk merambah tingkat yang lebih luas,” imbuhnya.

Bandara sengaja dipilih sebagai lokasi peragaan karena ingin mengenalkan green airport yang segera diresmikan dalam waktu dekat. Selain itu, lokasinya memang menarik sebagai catwalk peragaan busana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.